Sabtu, 30 April 2016 12:06 WITA

Ini Penyebab Jerawat Baru Tumbuh di Usia Puluhan Tahun

Editor: Wiwi Amaluddin
Ini Penyebab Jerawat Baru Tumbuh di Usia Puluhan Tahun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jerawat biasanya tumbuh saat seseorang sendang mengalami pubertas di usia remaja. Namun, bukan berarti Anda yang berusia 20 hingga 40 tahun tidak akan berjerawat lagi. Menurut sebuah studi di Journal of America Academy of Dermatology, wanita lebih sering menderita jerawat dibandingkan pria. Dengan persentase sekitar 35% wanita berusia 30-39, 26% dari 40-49 tahun, dan 15% wanita 50 ke atas. 

Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan yang mungkin belum Anda ketahui, di antaranya:

1. Genetik
Jerawat pada usia 20 tahun ke atas juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jika orang tua Anda memiliki jerawat, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan memiliki jerawat walau sudah melewati masa pubertas.
 
2. Hormon
Jika Anda memiliki hormon yang berelebihan, terutama saat sebelum datangnya menstruasi, ini juga memungkinkan Anda berjerawat. Menurut Dokter kulit Julia Tzu, MD, dari Wall Street Dermatology, peningkatan hormon yang terjadi pada saat sebelum datangnya siklus mensturasi menjadi penyebab kuat timbulnya jerawat di usia 20 tahun ke atas.
 
3. Penggunaan Obat-obatan
Penggunaan obat-obatan tertentu secara terus menerus juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Cara yang paling tepat dengan menghentikan konsumsi obat tersebut, atau menggantinya dengan obat lain yang tidak akan membuat wajah Anda berjerawat.
 
4. Stres
Setiap hari Anda melakukan rutinitas yang sama, hingga menyebabkan meningkatnya gejala stres. Ketika stres, Anda memiliki organ yang disebut dengan kelenjar adrenal yang membuat hormon stres kortisol. Hormon inilah yang menyebabkan tibulnya jerawat akibat stres. Biasakan untuk memberikan waktu rekasasi pada pikiran dan tubuh Anda, sehingga terhindar dari jerawat yang mengganggu.
 
5. Penggunaan Produk Make-up dan Perawatan Kulit yang Salah
Tidak semua make-up cocok dengan jenis kulit Anda. Terkadang bahan yang digunakan untuk membuat make-up mengandung zat yang berbahaya bagi kulit, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat atau bercak merah pada wajah. Selain itu, jika Anda memiliki kulit yang berminyak, jangan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak yang belebih. Hal itu akan merangsang kelenjar minyak pada wajah.
 
6. Makanan
Makanan yang tidak sehat juga bisa menimbulkan jerawat. Walau belum ada uji klinis mengenai hal ini, Anda harus mengurangi makanan berlemak dan mengandung minyak tinggi. Selain makanan, susu juga memiliki kemampuan menimbulkan jerawat di usia 20 tahun ke atas.

Loading...


Kalau tak ingin berjerawat di usia 20 tahun ke atas, Anda harus mengubah gaya hidup mejadi lebih sehat. Selain itu juga Anda bisa menggunakan krim anti jerawat untuk menghilangkannya secara cepat. Jika ingin pergi ke pesta atau ke acara penting, Anda bisa menggunakan concealer untuk menutupi jerawat sementara waktu. Dengan begitu Anda bisa tampil cantik dan tetap percaya diri.

Loading...
Loading...