Selasa, 05 April 2016 08:30 WITA

Waspada! Sikat Pembersih Panggangan Bisa Bahayakan Kesehatan

Editor: Suriawati
Waspada! Sikat Pembersih Panggangan Bisa Bahayakan Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Jika Anda kerap menggunakan sikat pembersih panggangan untuk menghilangkan kotoran yang menempel, maka pastikan Anda tindak meninggalkan bulu sikat yang gugur di sana.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa bulu sikat ini bisa menempel di alat pemanggang, lalu pindah ke makanan, dan akhirnya menyebabkan mulut, tenggorokan dan perut atau usus terluka.

Meski ini terkesan sangat sederhana, tapi ini tidak boleh diabaikan. Menurut peneliti, beberapa pasien membutuhkan operasi jika mengalami cedera karena bulu sikat pembersih.

"Masalah ini mungkin kurang dilaporkan dan dengan demikian kurang diperhatikan," kata penulis studi Dr CW David Chang dalam rilis berita jurnal. Dia adalah seorang profesor spesialis THT di University of Missouri School of Medicine, di Columbia.

"Karena sifat dari cedera kawat bulu sangat umum, maka orang mungkin tidak sadar tentang bahaya dan implikasinya. Kesadaran antara dokter gawat darurat, ahli radiologi dan otolaryngologists sangat penting sehingga tes dan pemeriksaan yang tepat dapat dilakukan," kata Chang.

loading...

Dalam studi tersebut, para peneliti meninjau studi dan menganalisis data U.S. Consumer Product Safety Commission. Tim tersebut mengidentifikasi hampir 1.700 kunjungan pasien terkait cedera sikat panggangan di ruang gawat darurat AS antara 2002 hingga 2014. Perkiraan itu tidak termasuk pasien yang menjalani perawatan atau rawat jalan lainnya, para peneliti menambahkan.

Studi ini diterbitkan pada 4 April 2016 di jurnal Otolaryngology-Head and Neck Surgery.

(Sumber: UPI)

Loading...
Loading...