Rabu, 06 April 2016 08:44 WITA

Vitamin D Bisa Tingkatkan Fungsi Jantung bagi Pasien Gagal Jantung

Editor: Suriawati
Vitamin D Bisa Tingkatkan Fungsi Jantung bagi Pasien Gagal Jantung
INT

RAKYATKU.COM - Vitamin D3 ternyata dapat meningkatkan fungsi jantung pada pasien gagal jantung. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris.

"Temuan ini bisa membuat perbedaan yang signifikan untuk perawatan pasien gagal jantung," kata pemimpin studi, Dr Klaus Witte, dari University of Leeds School of Medicine. "Ini adalah bukti pertama bahwa vitamin D3 dapat meningkatkan fungsi jantung bagi orang dengan kelemahan otot jantung atau dikenal sebagai gagal jantung."

Penelitian ini melibatkan lebih dari 160 pasien yang memiliki alat pacu jantung dan/atau menerima obat tekanan darah yang dikenal sebagai inhibitor ACE atau beta blocker.

Para peserta penelitian diberi vitamin D atau pil plasebo tidak aktif, sekali sehari selama satu tahun.

Para peneliti menjelaskan bahwa mereka tidak menggunakan suplemen vitamin D berbasis kalsium, karena kalsium dapat menyebabkan masalah lain bagi pasien gagal jantung.

loading...

Hasilany, peneliti menemukan bahwa fungsi jantung dalam memompa meningkat dari 26 persen menjadi 34 persen pada pasien yang diberi vitamin D, sementara tidak ada perubahan pada mereka yang hanya diberi pil plasebo.

Penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American College of Cardiology di Chicago. Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan medis biasanya dianggap awal sampai diterbitkan dalam jurnal peer-review.

Para peneliti juga menyatakan bahwa beberapa pasien yang mengonsumsi vitamin D mungkin akan terhindar dari cardioverter defibrillator implan (ICD). ICD adalah perangkat yang dapat mendeteksi masalah irama jantung yang berbahaya dan memberikan kejutan untuk mengembalikan detak jantung normal.

Gagal jantung mempengaruhi sekitar 23 juta orang di seluruh dunia.

Loading...
Loading...