Rabu, 27 April 2016 12:59 WITA

Hindari Pemberian Sereal Beras pada Bayi! ini Alasannya

Editor: Suriawati
Hindari Pemberian Sereal Beras pada Bayi! ini Alasannya
INT

RAKYATKU.COM - Orang tua biasanya memberikan sereal beras untuk bayi mereka sebagai makanan pertama. Tapi, peneliti terbaru mengungkapkan, bayi yang diberi makanan ini, mungkin memiliki konsentrasi arsenik "anorganik" lebih tinggi dalam urin mereka daripada bayi yang tidak pernah makan nasi.

Menurut FDA, arsenik adalah karsinogen yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa paparan arsenik dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak dan pengembangan intelektual.

Menurut laporan yang diterbitkan pada 25 April di jurnal JAMA Pediatrics, konsentrasi arsenik tertinggi ditemukan pada bayi yang sering makan beras sereal, dengan tingkat lebih dari tiga kali lipat dari bayi yang tidak makan nasi.

Sementara bayi yang makan makanan dicampur dengan nasi atau makanan ringan berbasis beras memiliki arsenik tingkat hampir dua kali lipat dari mereka yang tidak makan beras.

"Arsenik dalam urin mereka meningkat dengan jumlah porsi makanan yang mengandung nasi," kata pemimpin peneliti Margaret Karagas, ketua epidemiologi di Dartmouth University Geisel School of Medicine di Hanover, NH

Meski demikian, ahli kesehatan lain mengatakan bahwa masih belum jelas apa efek kesehatan arsenik pada anak-anak.

loading...

"Memang terdengar memprihatinkan," kata Dr Ruth Milanaik, direktur perkembangan saraf neonatal Program tindak lanjut di Medical Center Cohen Children di New Hyde Park, NY. "Ini tentu membutuhkan penelitian yang lebih," katanya.

Hasil studi diumumkann setelah AS Food and Drug Administration mengusulkan batas kadar arsenik anorganik dalam sereal beras bayi.

Intinya, para peneliti dan FDA menyarankan agar orang tua membatasi pemberian beras pada bayi. Sebagai gantinya, orang tua bisa memberikan mereka oatmeal atau gandum.

Arsenik anorganik juga ditemukan dalam makanan nabati bayi termasuk jus apel dan saus apel karena penggunaannya dalam pestisida.

Loading...
Loading...