Kamis, 01 September 2016 13:58 WITA

Cegah Zika Masuk Indonesia, Semua Wisatawa Singapura Diskrining

Editor: Suriawati
Cegah Zika Masuk Indonesia, Semua Wisatawa Singapura Diskrining

RAKYATKU.COM - Indonesia mulai melakukan skrining wisatawan dari Singapura, setelah muncul laporan bahwa viruz zika telah menjangkit banyak orang di negara itu.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Indonesia Oscar Primadi mengatakan, peralatan pencitraan termal untuk mendeteksi suhu tubuh normal telah dipasang di delapan pelabuhan Indonesia dengan rute Singapura.

Ia mengatakan, wisatawan juga akan diberikan kuesioner kesehatan sehingga mereka akan mengenali gejala zika dan segera melaporkan kepada otoritas kesehatan.

Primadi juga mengatakan bahwa para pejabat kesehatan merekomendasikan agar Kemenlu mengeluarkan advisory perjalanan ke Singapura, terutama untuk wanita hamil.

Pada hari Rabu (31/08) Singapura mengeluarkan pernyataan bahwa 22 kasus Zika baru telah diidentifikasi di satu wilayah tertentu dari kota. Jumlah ini menambahkan total pasien zika jadi 155.

loading...

Cegah Zika Masuk Indonesia, Semua Wisatawa Singapura DiskriningZika memiliki efek ringan untuk kebanyakan orang, tetapi dokter percaya infeksi selama kehamilan dapat mengakibatkan bayi lahir cacat, dan mengalami gangguan perkembangan serius lainnya. 

Hari ini, Menteri Kesehatan Malaysia melaporkan bahwa seorang wanita berusia 58 tahun yang bepergian ke Singapura telah terjangkit Zika.

Menteri Kesehatan S. Subramaniam mengatakan wanita itu dan suaminya mengunjungi Singapura selama tiga hari pada 19 Agustus. Putrinya yang berada di di Singapura juga dinyatakan positif Zika.

Tags
Loading...
Loading...