Minggu, 10 April 2016 08:54 WITA

Sarapan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Editor: Suriawati
Sarapan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan
INT

RAKYATKU.COM - Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsi makanan yang kaya protein. Makanan ini akan sangat membantu para pelaku diet karena bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Menurut sebuah penelitan, jika makanan ini dikosnsumsi sebagai menu sarapan, maka Anda akan terhindar dari rasa lapar, dan mencegah berat badan Anda bertambah.

Makanan yang kaya protein yang dimaksud adalah susu, yogurt, dan keju. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa menu sarapan sehat ini juga bisa mencegah lonjakan gula darah yang berbahaya, yang menyebabkan diabetes tipe 2.

"Sarapan dengan protein tinggi kalori, adalah strategi cerdas yang telah terbukti berhasil menurunkan berat badan pada orang dengan obesitas dan diabetes tipe 2," kata penulis utama studi tersebut, Dr Daniela Jakubowicz, profesor kedokteran di Universitas Tel Aviv .

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis secara acak 48 orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas dengan diabetes tipe 2, yang berusia rata-rata 59 tahun, salah satu dari tiga diet yang mengandung jumlah kalori yang sama.

Selama 23 bulan, mereka semua diberi sarapan porsi besar, makan siang dan makan malam dengan porsi sedikit.

loading...

Namun, mereka mengubah komposisi sarapan setiap kelompok. Satu kelompok makan sarapan yang mengandung protein. Kelompok kedua makan sarapan yang mengandung protein lainnya termasuk telur, kedelai dan tuna. Dan ketiga makan sarapan tinggi karbohidrat atau pati.

Setelah 12 minggu, kelompok yang mengonsumsi protein kehilangan berat badan hingga 7.6 kg, dibandingkan dengan 6,1 kg bagi mereka makan sarapan yang mengandung protein lainnya.

Sementara mereka yang mengonsumsi sarapan berkarbohidrat dan tepung hanya mengalami penurunan 3,1 kg.

(Sumber: Dailymail)

Tags
Loading...
Loading...