Senin, 29 Juni 2020 10:05 WITA

Kalahkan Pengangguran, PNS hingga TNI-Polri Alami Kegemukan

Editor: Nur Hidayat Said
Kalahkan Pengangguran, PNS hingga TNI-Polri Alami Kegemukan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Hampir setengah dari jumlah aparatur sipil negara (ASN) seperti PNS, TNI, Polri, hingga pegawai BUMN dan BUMD mengalami kegemukan atau obesitas sentral.

Sebagai informasi, seseorang masuk kategori obesitas sentral apabila lingkar perutnya di atas 90 sentimeter untuk laki-laki dan 80 sentimeter untuk perempuan.

Dalam  Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, obesitas atau kegemukan paling banyak dialami aparatur negara seperti PNS, TNI, Polri, hingga pegawai BUMN dan BUMD. 

Kemenkes mencatat 48,5% ASN mengalami obesitas sentral. Di urutan berikutnya adalah pengangguran 42,9% kemudian wiraswasta 36%.

Selanjutnya, pegawai swasta 28,8%, buruh/sopir/pembantu 20,9%, petani 20,6%, dan prevalensi obesitas terendah adalah nelayan 14,3%.

loading...

Penyebab seseorang mengalami obesitas adalah jumlah kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang dikeluarkan tubuh. 

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik turut mengambil peran dalam masalah ini. Tentunya orang yang telah mengalami obesitas masih memiliki peluang agar dapat kembali seperti sediakala.

Sumber: Okezone

Loading...
Loading...