Jumat, 27 Maret 2020 19:41 WITA

Tips Cegah Virus Corona Usai Keluar dari Rumah

Penulis: Rahmatullah
Editor: Mulyadi Abdillah
Tips Cegah Virus Corona Usai Keluar dari Rumah
Humas RSUD Bulukumba, Gumala Rubiah

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Di tengah pandemi covid-19, pemerintah Indonesia kini menerapkan sistem 'social distancing' atau menjaga jarak aman dengan orang lain. Stay at home adalah hal yang sangat dianjurkan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19.

Imbauan ini sudah disampaikan Pemerintah Kabupaten Bulukumba sejak pekan sebelumnya. Masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah. Kecuali untuk situasi yang genting. Misalnya berbelanja di swalayan, atau keperluan mendesak lainnya seperti ke apotek atau ke Puskesmas.

Hanya saja, ada protokoler yang meski diterapkan untuk setiap orang, usai keluar dan kembali ke rumahnya. Humas RSUD Bulukumba, Gumala Rubiah membagikan tips tersebut.

Pertama kata Gumala, saat tiba di rumah, buka sepatu atau sendal di depan pintu sebelum memasuki rumah. Bila perlu bungkus dengan plastik. Atau saat keluar rumah gunakan sendal atau sepatu yang berbahan plastik agar bisa langsung dicuci dan dikeringkan.

Yang kedua, tuangkan atau semprotkan alkohol disinfektan pada sepatu atau sendal. Lalu pada pakaian, ponsel, kacamata, kunci, atau benda yang melekat di tubuh sebagai penunjang. Ketiga kata Mala, buang semua tanda terima pembelian, kwitansi, bon atau kertas yang dibawa dari luar rumah.

Keempat, masuk rumah bertelanjang kaki. Bila perlu bungkus menggunakan plastik dan langsung cuci tangan bersih-bersih dengan sabun.

loading...

"Cara mencuci tangan yang benar telah kami sampaikan jauh hari. Dengan menggunakan 6 langkah agar bisa menyeluruh di sela-sela jemari tangan," katanya.

Kelima, masuk ke kamar mandi, buka pakaian dan langsung tempatkan pakaian kotor di keranjang untuk siap dicuci. "Jadi saat tiba, jangan menyentuh apapun benda di rumah, apalagi menyentuk anak atau anggota keluarga lainnya. Jangan lantas duduk di kursi atau tempat tidur,. Langsung segera mandi, gosok gigi, dan lainnya," jelas Mala. J

Jika semuanya itu telah dikerjakan, katanya, barulah berinteraksi dengan keluarga. "Kita berharap tips ini bisa diterapkan di rumah masing-masing. Semoga semuanya tetap terjaga, " katanya.

Mala pun mengajak masyarakat untuk mematuhi imbauan-imbauan pemerintah. Mendoakan petugas medis RSUD Bulukumba agar tetap semangat bekerja dalam upaya penanganan medis utamanya Covid-19.

Loading...
Loading...