Rabu, 25 Maret 2020 15:27 WITA

Ini Penjelasan Mengapa Sabun dan Air Hangat Efektif Melawan Covid-19

Editor: Suriawati
Ini Penjelasan Mengapa Sabun dan Air Hangat Efektif Melawan Covid-19
INT

RAKYATKU.COM - Sudah bosan mencuci tangan selama 20 detik? Tapi tolong jangan berhenti! Dunia mengandalkan Anda untuk membantu menghentikan penyebaran Covid-19!

Ingatlah bahwa ketika Anda sedang mencuci tangan, Anda juga membunuh sejumlah bakteri jahat lainnya serta virus yang telah mengganggu manusia selama berabad-abad, termasuk influenza dan jenis coronavirus yang berbeda.

"Ada empat coronavirus yang beredar pada manusia secara teratur, hampir setiap tahun," kata ahli virus Dr John Williams, kepala divisi penyakit menular anak-anak di Rumah Sakit Anak Pittsburgh University Center Medical Pittsburgh.

"Dan mereka menyebabkan pilek. Pada kenyataannya, mereka menyebabkan sekitar sepertiga dari pilek biasa," tambahnya.

Coronavirus bukan satu-satunya parasit jahat yang menyerah pada sabun dan air. Influenza (yang membunuh jutaan orang di seluruh dunia setiap tahun, dan metapneumovirus manusia (yang menyebabkan infeksi pernafasan yang dapat menyebabkan pneumonia) juga akan mati.

Jadi, bagaimana hal sederhana seperti sabun, air hangat, dan pembersih berbasis alkohol, memperoleh kekuatan sedemikian besar terhadap parasit-parasit ini? Jawabannya ada pada 'kulit' mereka dan teknik menggosok Anda.

Di bawah mikroskop, coronavirus tampaknya ditutupi dengan menara runcing, yang membuat mereka terlihat seperti memiliki mahkota atau "corona", seperti namanya.

Di bawah mahkota itu adalah lapisan luar virus, yang terdiri dari lipid, atau apa yang biasa kita sebut lemak.

Sekarang, bayangkan coronavirus adalah hidangan yang ditutupi dengan lemak mentega.

"Anda mencoba mencuci piring mentega Anda dengan air saja, tetapi mentega itu tidak hilang dari piring," jelas Williams.

loading...

"Anda perlu sabun untuk melarutkan minyak. Jadi sabun atau alkohol, sangat, sangat, efektif dalam melarutkan lapisan cairan berminyak dari virus."

Dalam situasi terkena sabun, virus akan terbelah, sama seperti jika kita menggunakan linggis untuk memisahkan dua potong kayu.

Setelah virus atau bakteri terbelah, ia akan menumpahkan isi perutnya ke dalam air sabun dan mati.

Lalu, ketika Anda membilas tangan Anda, semua kuman yang telah terluka, terperangkap atau terbunuh oleh molekul sabun akan terhempas.

"Semua gelembung dan busa itu ... benar-benar mengambil kuman dan membasuhnya," kata Dr. William Schaffner, seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville.

Bagaimana jika menggunakan air dingin? Dalam hal ini Anda harus memastikan Anda bekerja sangat keras untuk mendapatkan busa.

Sementara itu, air hangat dengan sabun mendapat busa yang jauh lebih baik, dan lebih banyak gelembung.

Bagaimana dengan pembersih berbasis alkohol?
Pembersih tangan berbasis alkohol bisa seefektif sabun jika digunakan dengan benar. Caranya tuang ke telapak tangan, dan gosokkan secara menyeluruh ke seluruh tangan, di antara jari-jari dan di punggung tangan.

Loading...
Loading...