Kamis, 05 Maret 2020 14:06 WITA

7 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Bukan hanya buahnya, daun pepaya juga sangat baik untuk kesehatan.

Menurut penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ini juga mengandung senyawa yang disebut karpain yang membantu membunuh mikroorganisme dari sistem pencernaan dan mengobati masalah pencernaan.

Flavonoid, tanin, α-tokoferol (sejenis vitamin E), beta-karoten, asam askorbat, alkaloid, fenol, mineral seperti kalsium, natrium, besi, magnesium dan vitamin A, C, B, K, juga ditemukan dalam daun pepaya.

Berikut manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

1. Mengobati demam berdarah
Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya berpotensi meningkatkan jumlah trombosit pada orang yang terinfeksi demam berdarah dan mengurangi demam.

2. Meringankan gejala PMS
Daun pepaya membantu meringankan kembung yang terjadi selama kram menstruasi. Biasanya, teh atau ramuan yang terbuat dari daun pepaya sangat membantu untuk mengobati gejala PMS seperti sakit kepala, sakit, gangguan pencernaan dan mual.

loading...

3. Mengobati masalah kulit
Menurut sebuah penelitian, rebusan daun pepaya dapat mengobati kanker, khususnya kanker kulit.

4. Menjaga kesehatan hati
Stres oksidatif dapat menyebabkan banyak kerusakan pada hati, yang mengarah pada hepatitis dan sirosis terkait HCV. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi daun pepaya dapat menjaga kesehatan hati karena sifat antioksidan dan vitamin E-nya.

5. Mengobati malaria
Malaria adalah salah satu penyakit menular paling mematikan yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Menurut sebuah penelitian, pemberian daun pepaya pada pasien malaria membantu meningkatkan sel darah merah dan mengurangi beban parasit dalam tubuh mereka. Hal ini dapat menyebabkan pemulihan yang cepat.

6. Baik untuk pencernaan
Enzim dalam pepaya membantu meringankan sembelit, sindrom iritasi usus, mulas, kembung dan masalah pencernaan lainnya. Daun pepaya juga membantu menjaga fisiologi saluran pencernaan.

7. Meningakatkan energi
Papain dalam daun pepaya diketahui dapat meningkatkan energi pada seseorang. Kehadiran beberapa vitamin dan mineral dalam daun ini membantu mengobati kelelahan kronis dan mempertahankan tingkat energi pada seseorang.

Loading...
Loading...