Selasa, 03 Maret 2020 22:04 WITA

Cegah Virus Corona dengan Membersihkan HP, Begini Caranya

Editor: Fathul Khair Akmal
Cegah Virus Corona dengan Membersihkan HP, Begini Caranya

RAKYATKU.COM - Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura Kenneth Mak menganjurkan masyarakat untuk sering membersihkan ponsel sebagai salah satu langkah untuk memerangi penyebaran virus corona.

Menurut Kenneth Mak ponsel merupakan salah satu barang yang paling sering dipegang dalam kondisi tangan bersih dan kotor. Tidak ada juga bukti yang menyebut virus corona menyebar lewat udara sehingga menggunakan masker belum tentu jadi solusi.

"Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi menggunakan masker bukanlah hal yang paling penting," ujarnya seperti dilansir CNBC Indonesia dari Business Insider, Selasa (3/3/2020).

Lalu bagimana cara membersihkan ponsel untuk mencegah virus corona? Menurut penelitian dari empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology di 2018, membersihkan ponsel dengan perangkat UV smartphone sanitizer adalah cara paling efektif membunuh kuman.

loading...

Menggunakan larutan alkohol juga efektif membersihkan ponsel, ujar penelitian tersebut, dan menambahkan celah antara ponsel dan casing mengandung lebih banyak bakteri daripada layar.

Ahli microbiologi Charles Gerba mengatakan pembersih ponsel dengan alkohol bisa dibuat di rumah dengan menggunakan air (60%) dan rubbing alcohol (40%). Lalu menyeka ponsel dengan kain mikrofiber, kapas atau kapas.

Namun untuk menggunakan larutan ini harus dihindari semprotan secara langsung ke ponsel atau penggunaan tisu antibakteri di layar, karena bisa menghilangkan lapisan anti air dan minyak di smartphone.

Loading...
Loading...