Selasa, 26 April 2016 14:54 WITA

Kurang Ejakulasi Bisa Sebabkan Pria Mati Muda

Editor: Jumardin Akas
Kurang Ejakulasi Bisa Sebabkan Pria Mati Muda

RAKYATKU.COM - Sebuah studi di Amerika Serikat mengungkap ejakulasi yang sering ternyata menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Penelitian melibatkan sekitar 32.000 orang mulai pada tahun 1992 ketika mereka berusia 20-an dan terus berlanjut sampai tahun 2010. Selama periode ini, hampir 4.000 pria yang didiagnosis dengan kanker prostat.

Pria yang ejakulasi setidaknya 21 kali dalam sebulan di usia 20-an memiliki kecenderungan 19 persen lebih rendah peluangnya untuk terkena kanker prostat dibandingkan pria yang melakukan ejakulasi tidak lebih dari tujuh kali sebulan. 

Sementara Pria yang ejakulasi lebih sering di usia 40-an memiliki kecenderungan 22 persen lebih rendah terkan kanker prostat dibanding yang kurang melakukan ejakulasi.

"Frekuensi Ejakulasi, sampai batas tertentu berdasarkan ukuran kesehatan secara keseluruhan menunjukkan laki-laki yang rendah ejakulasi yakni 0 sampai 3 kali per bulan lebih mungkin untuk memiliki (masalah kesehatan) lain dan mati sebelum waktunya dari penyebab lain selain kanker prostat, "kata penulis utama studi Jennifer Rider, yang melakukan analisis dan sementara bekerja di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston seperti dilansir huffingtonpost.

loading...

"Sementara temuan kami harus dikonfirmasi dalam studi yang mengevaluasi mekanisme biologis potensial yang mendasari hubungan yang diamati, hasil penelitian kami menunjukkan bahwa ejakulasi dan aktivitas seksual yang aman sepanjang masa dewasa bisa menjadi strategi bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker prostat," kata Rider.

Untuk memahami hubungan antara frekuensi ejakulasi dan kanker, Rider dan rekannya menganalisis data dari kuesioner para responden pria dan memeriksa catatan medis dan tes laboratorium untuk memverifikasi mana peserta didiagnosis dengan tumor prostat.

Selama masa penelitian, ada 192 kasus kanker prostat di kalangan pria yang melakukan ejakulasi tidak lebih dari tiga kali dalam sebulan. Ada 1.041 kasus dengan 4 sampai 7 ejakulasi bulan, dan 1.509 kasus dengan 8 sampai 12 ejakulasi bulanan, lainnya 807 kasus dengan 13 sampai 20 ejakulasi per bulan dan 290 kasus dengan setidaknya 21 ejakulasi bulanan.
 

Loading...
Loading...