Kamis, 27 Februari 2020 10:06 WITA

7 Manfaat Luar Biasa Zucchini untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Manfaat Luar Biasa Zucchini untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Zucchini, yang juga dikenal sebagai Courgette adalah jenis labu yang selama musim panas.

Secara botani ini disebut sebagai buah, tetapi dianggap sebagai sayuran karena memiliki kulit halus, biji kecil yang bisa dimakan dan dagingnya renyah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk makan zucchini adalah tanpa mengupas kulitnya. Itu karena sebagian besar nutrisi ada di kulitnya.

Zucchini kaya akan air, vitamin C, vitamin A, folat dan beta-karoten yang sangat baik. Ini juga mengandung serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan selenium.

Berikut manfaat zucchini untuk kesehatan:

1. Baik untuk pencernaan
Serat dalam zucchini dapat membantu meringankan semua masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gas lambung. Ini juga membantu menjaga kesehatan usus.

2. Mencegah diabetes
Sejumlah serat tidak larut dalam zucchini sangat efektif untuk mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

Mengkonsumsi sayuran ini dalam jumlah yang baik membantu menurunkan risiko sindrom metabolik dan meningkatkan toleransi glukosa sehingga mencegah diabetes.

loading...

3. Baik untuk kesehatan jantung
Zucchini rendah kalori dan tinggi folat, potasium, dan magnesium. Semua nutrisi ini penting untuk kesehatan jantung. Serat dalam zucchini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung seperti stroke.

4. Menjaga kesehatan mata
Kadar vitamin C dan beta-karoten dalam zucchini membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan.

Selain itu, antioksidan seperti lutein dan zeaxanthins dalam zucchini membantu mengurangi masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia.

5. Memiliki efek antikanker
Tingginya jumlah beta-karoten dan vitamin C dalam sayuran ini membantu mengurangi kerusakan akibat stres oksidatif dalam tubuh, sehingga mencegak timbulnya kanker, seperti kanker prostat pada pria.

6. Menyeimbangkan kadar hormon tiroid
Polifenol dan vitamin C dalam kulit zucchini efektif dalam mengatur kadar hormon tiroid dan kelenjar adrenal.

7. Memperkuat tulang dan gigi
Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid yang ditemukan dalam zucchini yang membantu memperkuat tulang dan gigi, serta mencegah penyakit yang terkait dengannya.

Zucchini juga kaya akan vitamin k, magnesium, dan folat yang berkontribusi pada pertumbuhan tulang.

Loading...
Loading...