Rabu, 26 Februari 2020 10:15 WITA

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker

Editor: Suriawati
7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker
INT

RAKYATKU.COM - Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Ini dimulai ketika perubahan genetik mengganggu proses pembelahan sel dalam tubuh, menyebabkan sel-sel tumbuh tanpa terkendali dan mengembangkan massa yang disebut tumor.

Tumor bisa bersifat kanker atau jinak. Tumor kanker adalah ganas, artinya dapat tumbuh dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tumor jinak berarti tumor bisa tumbuh tetapi tidak akan menyebar.

Namun beberapa jenis kanker tidak membentuk tumor, seperti leukemia, sebagian besar jenis limfoma, dan mieloma.

Kanker adalah penyebab kematian nomor dua di dunia dan bertanggung jawab atas 8,8 juta kematian dalam beberapa tahun terakhir.

Penyebab kanker
Sekitar sepertiga kematian akibat kanker disebabkan oleh perilaku dan pola makan tertentu.

Mari kita lihat beberapa kebiasaan berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

1. Minum alkohol
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol dua kali sehari dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker dubur dan kanker payudara.

Alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung yang dapat merusak lapisan saluran pencernaan.

2. Penggunaan penyegar udara
Penyegar udara bertujuan untuk menutupi bau busuk, sayangnya beberapa mengandung zat penyebab kanker berbahaya, yang masuk melalui lubang hidung.

loading...

3. Makan makanan dipanggang
Ketika Anda memanggang makanan seperti ikan, ayam, dan daging, makanan ini menjadi sedikit terbakar dan beberapa area menjadi menghitam.

Meskipun ini memberikan rasa berasap, senyawa-senyawa seperti amina heterosiklik dan apa yang disebut hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dapat meningkatkan risiko kanker perut, usus besar dan pankreas.

4. Makan makanan kalengan
Makanan kaleng tidak sehat karena mereka disegel dalam wadah logam yang dilapisi dengan lapisan plastik yang penuh dengan bahan kimia berbahaya.

Ketika dikonsumsi secara berlebihan, makanan kaleng ini dapat menyebabkan gangguan hormon dan perubahan DNA yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

5. Minum soda
Soda yang mengandung pemanis buatan telah dikaitkan dengan peningkatan kanker pankreas dan jenis kanker lainnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet soda juga menyebabkan kanker kandung kemih dan tumor otak.

6. Seks oral
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology, dilaporkan bahwa meningkatnya angka kanker orofaring disebabkan oleh infeksi HPV yang didapat dari kontak oral ke kelamin.

7. Bekerja shift malam
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, bekerja malam dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara, kemungkinan besar karena penekanan melatonin.

Tags
Loading...
Loading...