Senin, 24 Februari 2020 04:00 WITA

Berbahaya! Hindari Berteduh di Bawah Instalasi Kelistrikan saat Hujan

Editor: Fathul Khair Akmal
Berbahaya! Hindari Berteduh di Bawah Instalasi Kelistrikan saat Hujan
Ilustrasi (pixabay.com)

RAKYATKU.COM - Masyarakat diminta waspada dalam penangangan kelistrikan ketika hujan yang menyebabkan banjir. Sebab, jika salah langkah bisa tersengat listrik dan berujung pada kematian.

Berikut ada beberapa langkah imbauan yang perlu diperhatikan terhadap kelistrikan di musim penghujan seperti dikutip akun twitter resmi PT PLN (Persero) @_pln-id, Jakarta, Minggu (23/2/2020).

1. Hindari berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang, gardu, panel PJU, dan lainnya.

2. Bila akan melewati genangan banjir, gunakan sepatu boots yang kedap air agar terhindari dari risimo bahaya seperti bakteri, pecahan kaca, paku, dan tegangan listrik bocor.

3. Dalam kondisi basah, gunakan sarung tangan karet bila menyentuh instalasi kelistrikan.

4. Apabila menjumpai instalasi kelistrikan yang berpotensi bahaya, beri tanda bahaya dan laporkan ke Contact Center PLN 123.

loading...

"Jika listrik di tempat Anda masih tetap nyala meski mulai tergenang, segera hubungi Contact Center PLN," tulis akun resmi PLN dikutip dari okezone.com.

Sebelumnya, GM PLN UID Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengimbau kepada masyarakat yang wilayahnya mulai tergenang air, untuk dapat mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB), mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman serta dapat menghubungi Contact Center 123 atau kantor PLN terdekat untuk memadamkan daerah terdampak banjir.

"Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik," kata Ikhsan.

Berikut beberapa wilayah yang masih terkena pemadaman listrik gara-gara banjir Jakarta hingga pukul 08.00 WIB Wilayah di Jakarta yang masih padam yaitu Harapan Indah, Jl. Raya Bekasi, Jl. Raya Cakung Cilincing, Jl. Raya Pegangsaan, Jl. Kayu Tinggi, Johar Baru, Percetakan Negara, Kebon Kosong, Kepu, Pulomas, Jl. Garuda, Jl. Angkasa.

Kemudian, Jl. Pulo Kambing, Jl. A. Yani, Pisangan Lama, Jl. Rawasari Barat, Cempaka Putih, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Gunung Sahari Raya, Bungur, Jl. Dermaga Duren Sawit, Kebon Nanas Selatan.

Loading...
Loading...