Sabtu, 22 Februari 2020 10:03 WITA

Apakah Mengonsumsi Bayam dan Susu Secara Bersamaan Berbahaya?

Editor: Suriawati
Apakah Mengonsumsi Bayam dan Susu Secara Bersamaan Berbahaya?
INT

RAKYATKU.COM - Kombinasi bayam dengan susu terdengar aneh. Bahkan, di India, ada mitos yang berkembang bahwa seseorang tidak boleh mengkonsumsi susu dengan bayam, atau sayuran berdaun lainnya.

Jadi, apakah itu benar? Dan apakah ada pengaruhnya terhadap kesehatan? Mari kita periksa faktanya. Pertama-tama kita perlu mengenali keduanya dengan lebih dekat.

Bayam
Jika Anda melihat profil nutrisi bayam, maka itu bermanfaat bagi kesehatan dalam segala hal.

Namun, sayuran ini mengandung asam oksalat. Ini adalah bahan kimia yang terjadi secara alami, yang bisa menjadi racun berbahaya jika jumlahnya sangat tingkat.

Asam oksalat dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau. Ketika diproses dalam tubuh, ia bergabung dengan mineral seperti kalsium untuk membentuk kalsium oksalat.

Kristal kecil ini kemudian dapat berkontribusi pada batu ginjal dan kandung kemih. Memang, proses ini butuh waktu beberapa tahun dan tidak membuat dampak langsung. Tetapi seluruh proses ini berlanjut di dalam tubuh.

loading...

Susu
Di sisi lain, susu mengandung banyak kalsium. Dalam 1 liter susu, terdapat sekitar 1100mg hingga 1300mg kalsium.

Ini membantu menjaga kekuatan tulang kita, kontraksi otot, hormon dan sistem saraf pusat.

Jadi, apakah makan bayam dengan susu berbahaya?
Kabar baiknya, itu hanyalah mitos. Menurut Only My Health, mengonsumsi makanan kaya kalsium dengan makanan yang mengansung asam oksalat justru dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Itu karena kalsium mengikat asam oksalat di usus, dan mencegah penyerapannya. Kristal-kristal ini kemudian dibawa oleh serat dan massa yang tidak diinginkan lainnya untuk dibuang sebagai feses.

Loading...
Loading...