Selasa, 11 Februari 2020 22:46 WITA

Pakai Alkohol Menghindari Virus Corona, Tubuh Pria Ini Justru Terbakar

Editor: Fathul Khair Akmal
Pakai Alkohol Menghindari Virus Corona, Tubuh Pria Ini Justru Terbakar
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Semua orang pasti khawatir jika tertular virus corona Wuhan, karena itu mereka melakukan segala cara untuk melindungi diri dari penyakit menular yang mematikan ini.

Salah satu contohnya, seseorang berusaha mensterilkan tubuhnya menggunakan alkohol di seluruh permukaan kulit. Tetapi, mereka mungkin lupa kalau alkohol adalah bahas yang mudah terbakar.

Menurut Sin Chew Daily dilansir oleh worldofbuzz.com, seorang pria 37 tahun yang bekerja di pabrik benang poliester di Hangzhou menderita luka bakar tingkat tiga di wajah, leher dan tangannya setelah menyeka tubuhnya dengan alkohol.

Sebelumnya, pria bernama Xiao Zhang ini masih bekerja setiap harinya untuk memperbaiki dan memelihara mesin meski pabriknya sudah ditutup beberapa hari karena virus corona.

Pada 8 Febuari 2020 lalu, Xiao Zhang pun menyeka kepala, wajah, leher dan seluruh anggota tubuhnya menggunakan alkohol untuk mensterilkan kulitnya sebelum ke pabrik.

Tetapi, kejadian tak buruk yang tak diinginkan terjadi. Pakain dan tubuh Xiao Zhang mendadak terbakar ketika bekerja di dekat kompor pemanas.

Xiao Zhang pun langsung dilarikan ke rumah sakit setempat. Dokter lantas mengatakan bahwa 15 persen tubuh Xiao Xhang menderita luka bakar tingkat dua hingga tiga.

loading...

Pemeriksaan dokter juga mengungkapkan bahwa luka bakar di lehernya paling fatal. Selain itu, saluran pernapasan Xiao Zhang pun ikut terbakar.

Karena itu, dokter segera melakukan trakeotomi dan intubasi pada Xiao Zhang, yakni dengan menyayat bagian lehernya untuk membuka jalan napas langsung ke trakea.

"Jika tidak membuat sayatan, Xiao bisa muntah dalam waktu 24 jam dan kondisi pasien berisiko lebih parah lagi," kata dokter.

Saat ini Xiao Zhang masih mengalami kesulitan menggunakan tangannya karena luka bakar serius di tangan. Ia juga membutuhkan perawatan rehabilitasi setelah operasi dan beberapa cangkok kulit.

Dokter telah menyarankan bahwa mengggunakan alkohol dalam jumlah sedikit sudah cukup untuk mendisinfeksi. Jika Anda membutuhkan lebih banyak alkohol, jangan pernah mendekat dengan api atau daya listrik yang memicu kebakaran.

Sebelumnya, kasus serupa juga pernah dialami oleh warga Tiongkok yang menyemprotkan seluruh tubuhnya menggunakan alkohol agar steril. Tetapi, tubuhnya mendadak terbakar dan luka-luka ketika berjalan menuju dapur yang ada gas dan api dari kompor.

Loading...
Loading...