Senin, 10 Februari 2020 04:00 WITA

6 Kondisi Mata Bisa Deteksi Jenis Penyakit, Cek Matamu Sekarang

Editor: Fathul Khair Akmal
6 Kondisi Mata Bisa Deteksi Jenis Penyakit, Cek Matamu Sekarang
Ilustrasi: shutterstock.com

RAKYATKU.COM - Semua perubahan pada tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh masa pertumbuhan, tetapi juga penyakit yang tidak terdiagnosis. Salah satunya, Anda bisa melihat perubahan pada mata.

Karena, perubahan pada mata bisa menandakan suatu penyakit serius. Sayangnya, tanda-tanda kecil ini seringkali terbaikan.

Dilansir oleh brightside.com, berikut ini perubahan pada mata yang merupakan tanda-tanda penyakit, antara lain:

1. Bintik putih pada kornea

Bintik putih pada kornea bisa merupakan tanda infeksi kornea akibat penggunaan lensa kontak. Kondisi ini bisa juga menyebabkan masalah tukak lambung. Orang yang sering menggunakan lensa kontak terlalu lama dan kadaluarsa lebih berisiko mengalaminya.
2. Lingkaran putih di sekitar iris mata

Kondisi ini bisa terjadi karena faktor penuaan. Tetapi, jika Anda masih muda dan mengalaminya, bisa jadi ini tanda kadar kolesterol dan trigliserida tinggi. Sehingga seseorang lebih berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.

3. Mata merah

Mata merah bisa terjadi karena kurang tidur, banyak bekerja, terkena angin dan paparan matahari. Jika mata merah tanpa alasan, bisa jadi tanda penyakit peningkatan glaukoma, intrakarnial tinggi dan diabetes.

4. Mata kering

Mata kering seringkali menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa gatal. Tapi, menggosoknya justru merusak kulit halus di sekitar mata. Hal ini bisa menyebabkan kelopak mata kendur dan keriput.

loading...

Jika mata mengalami kekeringan berlebih disertai peningkatan sensitivitas cahaya, bisa jadi indikasi sindrom sjorgen, kelainan sistem kekebalan tubuh langka.

5. Bercak kekuningan di dekat iris mata

Bercak kekuningan atau benjolan di mata yang putih disebut pinguecula. Kondisi ini merupakan tanda penuaan konjungtiva yang biasa terjadi pada orang tua.

Kondisi inj juga bisa terjadi pada orang yang sering terpapar sinar matahari. Selain itu, iritasi sistematis dari angin, debu dan asap juga bisa menyebabkan kondisi ini.

6. Air mata yang keluar tak disengaja

Air mata yang keluar tak disengaja bisa karena mata kering. Karena itu, mata mengeluarkan air untuk membuat areanya lebih lembab. Biasanya orang yang lebih sering di depan TV dan komputer lebih sering mengalaminya.

Jika air mata ini disertai dengan kesulitan menutup mata, bisa jadi gejala kelumpuhan saraf atau komplikasi setelah infeksi virus.Bintik putih pada kornea bisa merupakan tanda infeksi kornea akibat penggunaan lensa kontak. Kondisi ini bisa juga menyebabkan masalah tukak lambung. Orang yang sering menggunakan lensa kontak terlalu lama dan kadaluarsa lebih berisiko mengalaminya.

sumber: suara.com

Loading...
Loading...