Kamis, 06 Februari 2020 19:45 WITA

Apakah Overdosis Vitamin C Berbahaya?

Editor: Suriawati
Apakah Overdosis Vitamin C Berbahaya?
INT

RAKYATKU.COM - Vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Nutrisi ini sangat penting dalam menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan juga membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

Yang menarik, vitamin ini sangat mudah ditemukan. Buah-buahan seperti jeruk dan lemon dikenal sebagai sumber vitamin C yang paling umum.

Namun mengonsumsi vitamin C secara berlebihan dapat memiliki efek samping.

Dosis vitamin C

Untuk orang dewasa (pria), jumlah harian yang asupan vitamin C yang disarankan adalah 65 hingga 90 miligram (mg) sehari. Batas atas adalah 2.000 mg sehari.

Untuk wanita, jumlah harian vitamin C yang disarankan adalah 65 hingga 75 miligram (mg) sehari, dan batas atas adalah 2.000 mg sehari.

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak vitamin ini, yaitu 85 mg setiap hari. Untuk ibu menyusui, mereka membutuhkan 120 mgsehari.

Untuk bayi, jumlah harian yang disarankan adalah 50 mg dan untuk anak-anak 45 mg.

Jika Anda merokok, tambahkan 35 mg ke nilai di atas untuk menghitung jumlah total harian yang disarankan.

Berikut efek buruk jika Anda mengonsumsi terlalu banyak vitamin C.

1. Masalah gastrointestinal
Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan kram di perut, mual, dan diare. Ini terjadi ketika vitamin tidak diserap dengan baik oleh sistem pencernaan karena.

loading...

2. Batu Ginjal
Senyawa yang disebut oksalat diproduksi ketika vitamin C dimetabolisme, yang diekskresikan dalam urin. Namun, oksalat dalam jumlah tinggi dapat bergabung dengan kalsium dalam aliran darah yang menyebabkan batu ginjal.

3. Overdosis zat besi
Penyerapan zat besi difasilitasi oleh vitamin C, yang membantu mencegah anemia, yang disebabkan karena kekurangan zat besi dalam darah. Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi yang diperoleh dari makanan nabati dan juga ditemukan dalam daging.

Orang yang sudah memiliki cadangan zat besi tinggi dapat menghadapi toksisitas zat besi ketika menerima asupan vitamin C yang tinggi.

4. Penyakit Kardiovaskular
Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah dan melindungi tubuh dari beberapa penyakit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dalam jumlah tinggi dapat memicu dan meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi.

Kemungkinan ini lebih tinggi pada orang yang sudah memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mendasarinya.

5. Gangguan dengan obat pengencer darah
Vitamin C telah ditemukan bereaksi negatif dengan obat-obatan tertentu. Telah diamati bahwa vitamin C dalam dosis tinggi dapat menyebabkan penyumbatan fungsi pengencer darah atau antikoagulan, yang pada akhirnya akan membutuhkan peningkatan dosis obat untuk menunjukkan efek.

6. Darah dalam urin
Salah satu efek samping paling umum dari overdosis vitamin C adalah urin berdarah. Ini bisa disertai dengan semacam rasa sakit di perut.

Beberapa efek samping umum lain dari overdosis vitamin C adalah sebagai berikut:

  • Pusing
  • Sakit punggung
  • Keram perut
  • Sakit kepala
  • Mulas
  • Kerusakan gigi
  • Ruam kulit
  • Kelelahan
  • Nyeri di saluran kemih
Loading...
Loading...