Selasa, 04 Februari 2020 19:11 WITA

Pertama di Inggris, Pria Buta Bisa Melihat Setelah Menjalani Operasi

Editor: Suriawati
Pertama di Inggris, Pria Buta Bisa Melihat Setelah Menjalani Operasi
Jake Ternent (tengah)

RAKYATKU.COM - Jake Ternent, seorang pria buta asal Inggris, akhirnya bisa melihat dengan baik setelah menjalani operasi mata inpvatif.

Dia telah menjadi pasien Inggris pertama yang melakukan prosedur itu.

Jake memiliki kondisi retina turunan langka yang dikenal sebagai leber congenital amaurosis (LCA). Dia didiagnosis dengan kondisi itu ketika baru berusia tiga bulan.

Karena kondisinya, pria berusia 23 tahun ini telah hidup dengan hampir tidak ada penglihatan di mata kanannya, dan penglihatan terbatas di kiri.

LCA sebelumnya tidak dapat diobati, tetapi dokter di Rumah Sakit Mata Moorfields di London terus berupaya menemukan cara untuk memulihkan penglihatan pasien.

Jake telah membantu penelitian para ahli sejak ia berusia delapan tahun. Dan sekarang, ia telah menjadi orang pertama di negara itu yang menerima perawatan inovatif tersebut.

loading...

Pertama di Inggris, Pria Buta Bisa Melihat Setelah Menjalani OperasiIbu Jake Diane, 53, mengatakan: "Operasi pada mata kanannya berjalan sangat baik."

"Ketika dia keluar dari operasi, kami masih tidak percaya dia menjalaniya. Jake tersenyum pada dirinya sendiri."

Jake sekarang telah keluar dari rumah saki, dan dipulangkan ke rumah. Dia telah diberi instruksi untuk beristirahat dan mengenakan pelindung mata pada malam hari.

Dia juga diharuskan untuk melakukan tindak lanjut secara teratur di Rumah Sakit Mata Moorfields untuk memeriksa perkembangannya.

Jika penglihatannya membaik, ada rencana untuk melakukan operasi kedua di mata kirinya pada bulan April.

Loading...
Loading...