Selasa, 04 Februari 2020 05:30 WITA

Baik Bagi Gigi dan Mulut, Ini Manfaat Siwak

Editor: Fathul Khair Akmal
Baik Bagi Gigi dan Mulut, Ini Manfaat Siwak
(Zurijeta/Shutterstock)

RAKYATKU.COM - Anda mungkin pernah mendengar tentang siwak. Ini adalah akar pohon asal Arab yang sudah digunakan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Siwak dipakai karena berbagai manfaat positif yang bisa didapat, khususnya bagi kesehatan gigi dan mulut.

Pakar kesehatan gigi dan mulut Ratu Mirah Afifah pun menjelaskan berbagai manfaat itu. Pertama adalah mencegah gigi berlubang. Menurut Mirah, ini dikarenakan kandungan fluorida yang tinggi pada siwak.

“Fluorida itu penting sekali untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam,” katanya dikutip dari TEMPO.

Selain itu, siwak juga ampuh melawan bakteri penyebab bau mulut. Mirah menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh tingginya antimikroba pada siwak.

“Setelah makan atau aktivitas apapun yang menggunakan mulut, mikroba pasti akan menempel dan menyebabkan bau mulut karena antimikroba, siwak bisa menekan jumlah bakteri dan membuat mulut beraroma segar,” jelasnya

Ia juga menuturkan siwak diyakini bisa merangsang produksi air liur. Ia menjelaskan, air liur sangat diperlukan untuk menetralkan kondisi asam di dalam mulut.

“Asam bisa melemahkan remineralisasi pada gigi dan gusi. Dengan siwak, remineralisasi jadi tidak terganggu dan mulut menjadi lebih sehat,” katanya.

Terakhir, peradangan dan luka pada gigi dan gusi juga bisa cepat diatasi dengan membersihkan gigi menggunakan siwak. Menurut Mirah, ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin C pada siwak.

“Kalau inflamasi atau pendarahan, bisa dihentikan dengan siwak. Jadi, memang tidak heran kalau sejak 1974 siwak sudah direkomendasikan oleh WHO sebagai bahan efektif untuk merawat gigi dan mulut,” katanya.

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait