Selasa, 28 Januari 2020 05:30 WITA

5 Makanan yang Bisa Meracuni Manusia dan Menyebabkan Kematian

Editor: Fathul Khair Akmal
5 Makanan yang Bisa Meracuni Manusia dan Menyebabkan Kematian
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Jumlah makanan yang ada di dunia ini, sungguh tak bisa dibayangkan. Setiap negara juga memiliki khas dan ragam makanannya masing–masing.

Setiap makanan, pasti mempunyai bahan dasar yang sering kita makan sebelum diolah menjadi makanan cepat saji atau lainnya. Tetapi, walaupun terbilang sangat alami, apakah kalian tahu bahan dasar olahan makanan itu ternyata berbahaya bagi tubuh? 

Bahkan, bisa meracuni manusia hingga mati. Beberapa diantaranya adalah makanan kita sehari-hari, tidak percaya? Berikut ini 5 makanan yang biasa kita makan ternyata bisa meracuni manusia sampai mati:

1. Singkong
Yang pertama adalah Singkong, kenapa bisa? singkong merupakan salah satu bahan makanan yang cukup favorit bagi sebagian warga dunia, termasuk di Indonesia. Mau di goreng, di buat tape atau bahkan di jadikan keripik, hampir semua olahan singkong cukup laris manis di pasaran. Namun jangan sekali-kali memakan singkong dalam keadaan mentah. Karena salah satu tanaman yang masuk dalam katagori umbi-umbian ini ternyata mengandung racun yang di sebut Lamarin.

Lalu, apakah Lamarin itu? Dikutip dari dafunda.com, salah satu zat alam yang strukturnya mirip dengan gula hanya saja jika sampai masuk dalam tubuh manusia dan tercerna akan memberikan efek yang sama dengan Sianida dan sangat mematikan. Lamarin bahkan pernah digunakan untuk membuat senjata kimia mematikan. Jadi jangan berani-benari makan singkong yang masih mentah dan pastikan memasaknya hingga benar-benar matang ya.

2. Mangga
Yang kedua adalah Mangga, buah yang sangat digemari ini ternyata  masuk dalam genus Anacardiaceae. Lalu ciri khas  Anacardiaceae adalah memiliki daging buah di luar dan biji tunggal dibagian dalam. Beberapa jenis tanaman Anacardiaceae, diantaranya adalah Blackberri, Kacang Mete dan Mangga. Beberapa tanaman dari jenis Anacardiaceae, ternyata mampu menghasilkan zat yang bernama Urushiol, sebuah zat yang putih lengket yang dapat memicu reaksi alergi.

Ternyata zat ini juga ditemukan pada buah mangga dan biasanya keluar dari bagian kulit dan batangnya. Mayoritas orang sebenarnya cukup kebal dengan Urushiol, namun pada benerapa orang yang memiliki tingkat sensifitas yang tinggi. Zat ini dapat menimbulkan ruam dan bahkan reaksi melepuh pada kulit. Dalam beberapa kasus langka alergi terhadap Urushiol bahkan menyebabkan syok anafilaksis. Sebuah reaksi alergi yang dapat memicu kematian.

loading...

3. Kentang
Sebenarnya Kentang terbilang aman untuk dikomsumsi sehari-hari. Tetapi, tak banyak orang yang tahu ternyata kentang bisa menimbulkan zat yang menghasilkan racun. Hal ini disebabkan saat kentang tercemar ataupun sudah lapuk. Kalian pasti pernah melihat warna hijau pada sisi kentang. Zat tersebut bisa menyebabkan keracunan dan menyebabkan kematian.

4. Jamur
Yang keempat adalah Jamur, bahan makanan yang memiliki beragam jenis ini sangat diminati di masyarakat. Kalian juga pasti tahu jamur memiliki 2 kategori yaitu beracun dan tidak beracun, nah beberapa jamur yang beracun tidak bisa kita komsumsi, jika iya itu bisa menyebabkan kematian. Tetapi, ternyata jamur yang tak beracun juga bisa menjadi beracun.

Hal ini dipicu saat jamur sudah tak segar ataupun rusak. Tidak hanya itu, jamur juga bahan makanan yang cepat rusak, sehingga menyebabkan kemungkinan menjadi beracun sangat besar dan sangat berbahaya bagi manusia sendiri. Dan jamur juga memiliki bakteri yang sangat beragam, berhati-hati ya mulai sekarang.

5. Kacang Merah
Kalian pasti pernah memakan Kacang Merah, karena makanan satu ini sangat enak dan sering dibuat bubur oleh sebagian orang. Tidak hanya itu, kacang merah juga bisa sebagai campuran sebuah es jajanan yang sering kita beli. Tapi, apakah kalian tahu, ternyata kacang merah juga bisa meracuni kita loh.

Kacang Merah sebenarnya mengandung phytohaemagglutinin, sebuah racun alami yang ditemukan dalam banyak tanaman bergetah. Zat ini sebenarnya tak terlalu berbahaya, hanya saja khusus pada Kacang Merah, menurut USDA kandungan Lectim yang ada sangat tinggi. Konsentrasi lectim yang tinggi ini jika sampai terkonsumsi dapat menyebabkan keracunan dan kematian.

Loading...
Loading...