Selasa, 21 Januari 2020 09:27 WITA

Kubis Dapat Mengurangi Risiko Berbagai Jenis Kanker

Editor: Suriawati
Kubis Dapat Mengurangi Risiko Berbagai Jenis Kanker
INT

RAKYATKU.COM - Kubis disebut-sebut sebagai salah satu sayuran yang dapat membantu mencegah penyakit kronis termasuk kanker.

Sayuran ini mengandung sekelompok zat yang dikenal sebagai glukosinolat, yang merupakan senyawa yang mengandung belerang.

Mereka dipecah dalam tubuh untuk membentuk senyawa aktif biologis seperti isotiosianat, indole, nitril dan tiosianat yang diketahui menunjukkan efek anti-kanker.

Menurut penelitian, indole dan isothiocyanate dapat menghentikan perkembangan berbagai jenis kanker termasuk kanker kandung kemih, usus besar, payudara, hati, paru-paru dan perut.

loading...

Penelitian lain menunjukkan bahwa kol mengandung sulforaphane, senyawa yang mengandung belerang yang memiliki kemampuan ampuh untuk menghambat enzim berbahaya yang disebut histone deacetylase (HDAC).

Enzim ini bertanggung jawab untuk perkembangan sel kanker.

Selain memiliki efek anti-kanker, kubis juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Itu termasuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan, menjaga jantung tetap sehat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan sebagainya.

Tags
Loading...
Loading...