Kamis, 16 Januari 2020 23:37 WITA

Mekanisme Baru yang Efektif Mencegah Obesitas dengan Aman

Editor: Abu Asyraf
Mekanisme Baru yang Efektif Mencegah Obesitas dengan Aman
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Obesitas, epidemi global, adalah kontributor yang diketahui untuk beberapa kanker. Termasuk payudara, usus besar, dan pankreas.

Kini, para peneliti telah menemukan bahwa reseptor ditemukan di hampir semua sel, yang disebut AHR. Dikenal terutama untuk memerangi paparan. Bahan kimia lingkungan juga memainkan peran besar dalam metabolisme tubuh.

Menghentikan epidemi obesitas bisa menjadi bantuan penting dalam mencegah dan mengobati berbagai kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Journal of Obesity, telah menemukan target penting dalam penyebab ini.

"Kami melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa ketika sebuah obat bernama NF dan diketahui dapat memblokir AHR, ditambahkan ke makanan berlemak tinggi, tikus tidak menjadi lebih gemuk daripada tikus yang menjalani diet kontrol rendah lemak," kata peneliti studi Craig Tomlinson dari Pusat Kanker Kapas Dartmouth-Hitchcock Norris di AS.

"Tikus yang melakukan diet tinggi lemak tanpa NF menjadi sangat gemuk dalam rentang waktu yang sama. Tidak ada efek buruk yang diamati dari obat tersebut," tambah Tomlinson.

Menurut penelitian, tim peneliti kemudian bertanya apakah memblokir AHR dengan NF tidak hanya dapat mencegah obesitas tetapi membalikkannya.

"Dalam percobaan ini, kami membiarkan tikus menjadi gemuk dengan diet tinggi lemak. Kemudian setengah tikus beralih ke diet tinggi lemak yang mengandung AHR blocker NF," kata Tomlinson.

Selama beberapa pekan berikutnya, tikus-tikus itu beralih ke diet tinggi lemak yang mengandung NF turun ke berat tubuh yang sama dengan tikus-tikus yang menjalankan diet rendah lemak.

loading...

Tikus yang tersisa pada diet tinggi lemak menjadi gemuk. Tidak ada efek buruk yang diamati, kata para peneliti.

Tim peneliti menyelidiki mekanisme di balik bagaimana AHR, ketika diblokir oleh NF, mencegah dan membalikkan obesitas.

AHR mengatur gen kunci dalam metabolisme lemak. Tim menemukan bahwa dalam sel hati dan sel lemak, AHR, ketika diblokir oleh NF, gagal menginduksi beberapa gen kunci yang diperlukan untuk penyimpanan dan sintesis lemak.

Mereka menyimpulkan bahwa pencegahan dan pembalikan obesitas dari menghalangi aktivitas AHR disebabkan oleh gen kunci yang diatur oleh AHR yang terlibat dalam metabolisme lemak.

"Beberapa penelitian tidak menunjukkan bahwa obesitas dapat dibalik dengan terapi obat; bahkan lebih jarang mengetahui mekanisme seluler yang mendasarinya," kata Tomlinson.

Tim peneliti telah mulai menyelidiki beberapa pertanyaan kunci. Termasuk yang ada di sekitar senyawa makanan dalam makanan yang kita makan yang mengaktifkan AHR untuk menyebabkan obesitas, dan peran bakteri yang berperan dalam AHR dan obesitas.

Yang paling penting, mereka telah memulai uji klinis untuk menentukan apakah AHR dapat berfungsi sebagai target terapi untuk mengurangi obesitas pada manusia.

Loading...
Loading...