Rabu, 15 Januari 2020 23:58 WITA

Akibat Popcorn Terselip di Gigi, Pria Ini Harus Jalani Operasi Jantung

Editor: Fathul Khair Akmal
Akibat Popcorn Terselip di Gigi, Pria Ini Harus Jalani Operasi Jantung
Ilustrasi operasi. (Pixabay)

RAKYATKU.COM - Ketika pada umumnya popcorn yang terjebak di sela gigi hanya menyebabkan masalah kecil dan dapat diambil menggunakan tusuk gigi, berbeda pada pria asal Inggris ini.

Hanya karena ada popcorn yang terselip di giginya, ia harus sampai menjalani operasi jantung terbuka.

Adam Martin, pria 41 tahun, mengaku kejadian ini terjadi pada September silam ketika popcorn bersarang di giginya dan camilan ini sulit diambil.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menggunakan berbagai alat untuk mengambilnya, termasuk tutup pulpen, tusuk gigi, sepotong kawat hingga paku logam.

Setelahnya, Martin ternyata menderita sakit gigi tetapi tidak memeriksakan dirinya ke dokter segera setelahnya. Kemudian ia mengalami gejala seperti flu, termasuk berkeringat di malam hari, kelelahan dan sakit kepala.

Merasa tak tahan, ia pun baru pergi ke dokter. Setelah diperiksa, dokter mendiagnosisnya dengan murmur jantung.

loading...

Tak berapa lama setelahnya muncul lepuhan darah di kakinya yang disebut dengan lesi Janeway. Lesi ini bisa menjadi tanda endokarditis, yaitu infeksi pada lapisan dalam jantung.

"Jantungku tidak berfungsi dengan baik lagi. Jantungku pada dasarnya rusak. Infeksi telah menggerogoti katup jantungku," kata Martin, dilansir Live Science.

Menurut Mayo Clinic, endokarditis dapat terjadi ketika bakteri memasuki aliran darah dan menyebar ke jantung. Salah satu cara bakteri memasuki aliran darah adalah dengan melalui aktivitas oral yang menyebabkan gusi berdarah.

Martin pun menyesal karena ia tidak langsung pergi ke dokter gigi.

"Jika aku pergi ke dokter gigi sejak awal, maka semua ini tidak akan terjadi," tandasnya dikutip dari suara.com.

Loading...
Loading...