Rabu, 08 Januari 2020 13:29 WITA

7 Manfaat Luar Biasa Minyak Sereh untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Manfaat Luar Biasa Minyak Sereh untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Minyak sereh adalah minyak yang diekstrak dari daun dan batang serai. Tanaman ini diyakini memiliki efek antikonvulsan, anti ansietas, dan hipnotis, sehingga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat minyak sereh untuk kesehatan, seperti dikutip Boldsky:

1. Melawan depresi
Depresi dan kecemasan adalah gangguan mental yang paling serius, dan cara terbaik untuk mengelola kondisi ini adalah dengan metode pengobatan herbal.

Menurut sebuah penelitian, minyak sereh memiliki efek antidepresan. Senyawa aktif dalam minyak seperti myrcene, citronellal dan geraniol membantu menenangkan kondisi saraf dan peradangan, sehingga mengobati depresi dan kecemasan.

2. Mengobati kejang otot
Minyak khusus ini mengandung senyawa seperti terpen, keton, dan ester. Memijat tubuh dengan minyak sereh akan memberikan efek hangat ke daerah yang sakit, dan mengobati kondisi tersebut.

3. Mendetoksifikasi racun tubuh
Minya sereh dapat membantu untuk mendetoksifikasi pankreas, sistem pencernaan, ginjal dan hati.

loading...

4. Mengobati malaria
Dalam pengobatan tradisional, minyak sereh telah disebutkan sebagai pengobatan herbal untuk malaria dan demam.

5. Mengatasi infeksi
Menurut sebuah penelitian, minyak sereh mengandung dua aldehida monoterpen utama yang disebut geranial dan neral. Senyawa ini memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan jamur dan bakteri Gram-positif dan Gram-negatif.

6. Mengobati gangguan pencernaan
Minyak sereh memiliki nilai obat dalam pengobatan tukak lambung dan sakit perut. Minyak ini memiliki kemampuan untuk melindungi mukosa lambung terhadap kerusakan yang disebabkan oleh agen nekrotikans seperti etanol.

7. Meningkatkan produksi urin
Menurut penelitian, minyak sereh membantu untuk mencegah cedera ginjal yang disebabkan oleh efek aminoglikosida, sejenis antibiotik yang diperoleh dari spesies bakteri Streptomyces.

Loading...
Loading...