Sabtu, 04 Januari 2020 13:43 WITA

Mantan Istri Sule Meninggal, Ini Tanda Serangan Jantung pada Wanita

Editor: Fathul Khair Akmal
Mantan Istri Sule Meninggal, Ini Tanda Serangan Jantung pada Wanita
Sule dan Lina

RAKYATKU.COM - Lina mantan istri Sule meninggal dunia pada Sabtu, 4 Januari 2020. Wanita berjilbab ini dikabarkan kena serangan jantung.

Wanita, seperti halnya Lina, memang paling rentan terkena serangan jantung. Bahkan, Asosiasi Jantung Amerika pernah mengeluarkan pernyataan, pasien jantung dari golongan kaum hawa kurang tertangani.

Lantaran selama ini, serangan jantung lebih sering diasosiasikan dengan pria, obesitas dan lanjut usia.

Selain itu, penanda serangan jantung pada wanita bisa jadi jauh lebih sama dibanding pria. Meskipun tetap merasa nyeri atau tekanan pada bagian tengah dada, pada wanita yang mengalami serangan jantung juga merasakan sakit pada rahangnya.

Penanda lain yang spesifik hanya pada wanita adalah sakit pada punggung bagian atas, nyeri pada lengan, rasa lelah yang intens, heartburn, atau hanya "merasa tidak enak. Demikian diungkapkan Laxmi Mehta, MD, direktur klinis dari Women's Cardiovascular Health Program di Ohio State University's Wexner Medical Center, dan juga penulis utama pernyataan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Jantung Amerika (AHA) tadi.

Menurut AHA, jika jantung tidak memberikan sinyal yang baik, rasa nyeri bisa menyebar ke rahang, leher, atau punggung. Namun, menurut Mehta, para dokter masih belum mengetahui kenapa penyebaran rasa nyeri tadi hanya terjadi pada wanita, dan tidak pada pria.

loading...

Dokter Spesialis Jantung dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Dr dr Anwar Santoso SpJP FIHA, PhD mengatakan bahwa serangan jantung paling rentan dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Bila wanita itu diketahui masih dalam usia subur, risiko mengalami serangan jantung lebih rendah, kecuali kalau memiliki riwayat jantung bawaan atau katup.

"Pada istrinya Sule, kita tidak tahu bagaimana riwayatnya," kata Anwar dikutip dari liputan6.com.

Ada pun gejala serangan jantung pada wanita, seperti yang dijelaskan dr Anwar, hampir sama kayak pria. Di antaranya muncul rasa sakit di dada lebih 15 menit, disertai mual, muntal, sesak napas, dan berdebar-debar.

"Ini tanda-tanda yang sering didapat pada pasien jantung koroner atau serangan jantung," ujarnya.

Tags
Loading...
Loading...