Kamis, 26 Desember 2019 08:55 WITA

Selain Melezatkan Masakan, Ini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Selain Melezatkan Masakan, Ini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Lengkuas dikenal sebagai salah satu bumbu masakan. Tapi mungkin banyak yang tidak tahu bahwa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Pengobatan tradisional India dan Eropa telah menggunakan lengkuas untuk mengobati pilek, sakit perut, radang, diabetes, borok, mual, diare, eksim, serta berbagai kondisi akut dan kronis.

Berikut manfaat lengkuas untuk kesehatan, seperti dikutip Stylecraze:

1. Memiliki sifat anti diabetes
Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, ekstrak metanol lengkuas menunjukkan potensi antidiabetes. Pemberian ekstrak lengkuas ke tikus diabetes terbutki dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, meningkatkan metabolisme lipid dan mencegah komplikasi diabetes.

2. Anti kanker
Lengkuas mengandung dua senyawa sitotoksik terhadap sel kanker yaitu, acetoxychavicolacetate dan p-coumaryl alcohol-O-methyl ether.

loading...

Senyawa sitotoksik ini dapat menginduksi aktivitas glutathione-S-transferase (GST) dalam sel-sel hati. GST menghilangkan senyawa mutagenik dan radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya pembentukan kanker.

3. Mengandung anti inflamasi
Lengkuas mengandung flavonoid, tanin, saponin, glikosida, dan beberapa senyawa fenolik. Semua ini menunjukkan efek antiinflamasi dan analgesik.

4. Memiliki sifat anti mikroba
Para peneliti mengklaim bahwa minyak esensial dari lengkuas kering dan segar dapat menghilangkan bakteri, ragi, jamur, dan parasit.

5. Meningkatkan jumlah sperma
Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa pengobatan selama 56 hari dengan lengkuas dapat meningkatkan jumlah sperma.

Loading...
Loading...