Jumat, 20 Desember 2019 18:59 WITA

Selama 30 Tahun Pria ini Hidup Dengan Tubuh Terlipat, Kini Bisa Berdiri Tegak

Editor: Suriawati
Selama 30 Tahun Pria ini Hidup Dengan Tubuh Terlipat, Kini Bisa Berdiri Tegak
Li Hua

RAKYATKU.COM - Li Hua, seorang pria di China menderita kondisi langka yang disebut ankylosing spondylitis (AS). Hal itu membuat wajahnya 'menempel' di pahanya.

Pria berusia 46 tahun ini telah menghabiskan tiga dekade terakhir dengan tubuh terlipat. Tapi sekarang, dia dapat berdiri tegak lagi setelah menjalani operasi untuk memperbaiki punggungnya yang bungkuk.

Li Hua didiagnosis menderita AS ketika dia baru berusia 18 tahun. Selama bertahun-tahun kondisinya semakin memburuk ke titik di mana dia benar-benar menjadi 'pria terlipat'.

Tapi keluarga Li Hua, yang berasal dari kota Yongzhou di Provinsi Hunan tidak memiliki uang yang dibutuhkan untuk mengobatinya. Tapi kasusnya menarik perhatian Profesor Tao Huiren, kepala operasi tulang belakang dan ortopedi di Rumah Sakit Umum Universitas Shenzhen.

Dia telah merawat orang-orang dari ankylosing spondylitis sebelumnya, tetapi belum pernah melihat kasus yang sedemikian parah.

Jadi dia ingin membantu Li berdiri tegak lagi.

Selama 30 Tahun Pria ini Hidup Dengan Tubuh Terlipat, Kini Bisa Berdiri Tegak"Satu-satunya pilihan kami adalah mematahkan tulangnya satu bagian pada satu waktu, yaitu tulang paha, tulang belakang leher, tulang belakang dada, tulang belakang lumbar - dan kemudian meluruskan seluruh tulang belakangnya," kata Profesor Huiren. 
Dia mengatakan bahwa prosedur itu sangat berisiko, dan bisa membuat pasien menjadi lumpuh.

Meskipun risiko kelumpuhan sangat tinggi, dokter menyimpulkan bahwa jika tidak dioperasi, penyakit itu kemungkinan besar akan menempatkan Li dalam bahaya besar.

Rumah sakit menggambarkan operasi korektif Li Hua sebagai operasi yang setara dengan mendaki gunung Everest.

loading...

Itu dilakukan dalam empat fase dan dokter harus mematahkan tulang punggung Li di beberapa bagian, meluruskannya, serta memperbaiki tulang pahanya.

Untungnya prosedur itu berhasil.

Selama 30 Tahun Pria ini Hidup Dengan Tubuh Terlipat, Kini Bisa Berdiri TegakFoto-foto pasca operasi Li Hua menunjukkan dia berjalan lurus dengan bantuan alat bantu jalan. Dokter mengatakan bahkan itu tidak akan dibutuhkan dalam waktu dekat.

"Tentu saja dia tidak akan bisa melakukan hal yang terlalu ekstrem seperti tinju atau bermain tenis, tetapi semua gerakan tubuh biasa tidak akan menjadi masalah," kata Profesor Tao Huiren.

Li Hua mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada tim medis yang membantunya berdiri tegak. Ia menambahkan bahwa rasa terima kasihnya kepada Prof. Huiren adalah yang kedua setelah ibunya.

“Tidak akan ada obat bagiku tanpa Dr Tao. Dia adalah penyelamat saya, dan rasa terima kasih saya kepadanya adalah yang kedua setelah ibu saya,” kata Li.

Ankylosing spondylitis adalah jenis arthritis yang melemahkan yang menyebabkan peradangan pada tulang belakang. Peradangan menyebabkan jaringan tulang hilang, sehingga tubuh manusia merespon dengan memproduksi kalsium ekstra untuk menumbuhkan lebih banyak tulang, bahkan di tempat yang seharusnya tidak.

Loading...
Loading...