Selasa, 26 April 2016 03:00 WITA

Beruntunglah Anda Jika Hobby Berenang, Ini Manfaatnya

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Beruntunglah Anda Jika Hobby Berenang, Ini Manfaatnya
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Kepopuleran berolahraga sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Olahraga juga selalu disarankan bagi anda yang sedang menjalani program diet. Namun tidak sembarang olahraga, anda harus tahu betul mana jenis olahraga yang baik dan bagaimana cara benar berolahraga.

Salah satu olahraga yang dianjurkan untuk program diet adalah renang. Ya, anda bisa sukses menjalani program diet dengan olahraga renang asal paham tentang manfaat dan cara berenang yang tepat

Selama berenang kalori yang dibakar setara dengan bersepeda dengan kecepatan 15-20 km per jam, untuk durasi yang sama. Hal ini dikarenakan air memiliki tekanan yang besarnya 20 kali lipat dibandingkan tekanan di udara. 

Selama berenang, jantung dengan aktif memompa darah ke seluruh tubuh. Karena itu berenang secara rutin sangat baik untuk kesehatan jantung. Berenang juga bermanfaat untuk menguatkan serta membentuk otot tubuh. 

loading...

Kepadatan dan tekanan di dalam air yang lebih berat daripada di udara mengharuskan anda mengeluarkan tenaga lebih agar dapat terus berenang sehingga ini sangat bagus untuk otot anda. Pada gaya bebas misalnya, otot yang berfungsi maksimal adalah otot yang terletak di daerah sekitar tangan sampai bahu. 

Gaya bebas ini efektif membantu pembentukan otot biseps dan triseps. Berenang juga membantu membentuk postur tubuh menjadi ideal.

Loading...
Loading...