Sabtu, 07 Desember 2019 18:35 WITA

Apakah Minum Air Kelapa Aman Untuk Penderita Diabetes?

Editor: Suriawati
Apakah Minum Air Kelapa Aman Untuk Penderita Diabetes?
INT

RAKYATKU.COM - Air kelapa dianggap sebagai minuman yang paling mengenyangkan. Ini juga dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, yang hilang selama latihan atau aktivitas fisik lainnya.

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B1, kalium, natrium, tembaga, mangan, selenium, fosfor, dan zat besi. 

Karena itu, air kelapa menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Tapi bagaimana dengan penderita diabetes? apakah ini aman bagi mereka atau justru bermanfaat?

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food pada Februari 2015, air kelapa sangat membantu dalam mengelola diabetes.

loading...

Dalam penelitian ini, tes dilakukan pada tikus yang diinduksi diabetes untuk mengetahui efek air kelapa pada pembekuan darah.

Ditemukan bahwa air kelapa bersama dengan L-arginin (asam amino yang digunakan untuk mengobati pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah) mengurangi konsentrasi glukosa pada tikus dan juga menunjukkan aktivitas antitrombik.

Namun, penderita diabetes disarankan untuk tidak minum air kelapa lebih dari 250 ml sehari, karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh dan menyebabkan efek buruk.

Loading...
Loading...