Jumat, 06 Desember 2019 10:01 WITA

Ini Dampak Tanah Terhadap Kesehatan

Editor: Suriawati
Ini Dampak Tanah Terhadap Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Setiap tahun, 5 Desember diperingati sebagai Hari Tanah Sedunia. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah yang berkembang karena ekspansi populasi.

Tema Hari Tanah Sedunia 2019 adalah "Hentikan Erosi Tanah, Selamatkan Masa Depan Kita".

Ini berfokus pada peningkatan kesadaran tentang meningkatnya tantangan dalam pengelolaan tanah dan mendorong organisasi, pemerintah, masyarakat, dan individu di seluruh dunia untuk berupaya memperbaiki tanah."

Dampak tanah terhadap kesehatan
Studi menunjukkan bahwa tanah memainkan peran sentral dalam membentuk kesehatan keseluruhan manusia.

Ditegaskan bahwa rata-rata 78 persen konsumsi global berasal dari tanaman yang ditanam di tanah dan 20 persen lainnya berasal dari sumber makanan darat yang secara tidak langsung bergantung pada tanah.

loading...

Penelitian telah menemukan bahwa ada 14 elemen penting yang berasal dari tanah. Nutrisi ini menjadi bagian dari makanan kita melalui konsumsi tanaman.

Namun, selain sebagai sumber nutrisi dan sebagainya, tanah juga mengandung patogen yang dapat mempengaruhi kesehatan secara negatif.

Tanah merupakan habitat heterogen untuk jutaan makroskopis dan miliaran organisme mikroskopis. Beberapa spesies bakteri, jamur, protozoa, virus dan prion dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Loading...
Loading...