Sabtu, 30 November 2019 10:02 WITA

Apa itu Gula Kelapa? dan Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Editor: Suriawati
Apa itu Gula Kelapa? dan Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?
INT

RAKYATKU.COM - Gula kelapa biasa juga disebut gula merah. Ini diproses dari nira kelapa yang direbus lama.

Dibandingkan dengan gula rafinasi, gula ini dianggap lebih menyehatkan. Gula kelapa mengandung fruktosa yang rendah dan memiliki indeks glikemik yang rendah.

Di sisi lain, ini memiliki jejak mineral, antioksidan dan jumlah karbohidrat yang sama dibandingkan dengan gula putih biasa.

Apa yang membuat gula kelapa lebih unggul dari pemanis lain adalah bahwa ia tidak disuling atau diubah secara kimia dan tidak mengandung bahan buatan.

Gula kelapa menawarkan lebih banyak vitamin dan mineral daripada gula putih. Ini mengandung vitamin C, potasium, magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, dan fosfor.

Ini juga memiliki sejumlah kecil fitonutrien, seperti flavonoid, polifenol, dan anthocyanin.

Berikut manfaat gula kelapa untuk kesehatan:

1. Baik untuk diabetes
Gula kelapa mengandung serat yang dikenal sebagai insulin, yang membantu memperlambat penyerapan glukosa. Ini sangat bagus bagi mereka yang berurusan dengan masalah diabetes.

Loading...

Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes dapat menggunakan gula kelapa sebagai pemanis, tetapi harus menggunakannya dalam jumlah sedang.

2. Baik untuk usus
Serat dalam gula kelapa memiliki kemampuan untuk mempromosikan pertumbuhan bifidobacteria usus. Bifidobacteria ini membantu memulihkan bakteri baik di usus dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Menurunkan berat badan
Gula kelapa rendah fruktosa, sehingga menekan penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

4. Meningkatkan sirkulasi darah
Kandungan zat besi dalam gula kelapa akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang selanjutnya dapat meningkatkan oksigenasi dan ketersediaan nutrisi.

5. Meningkatkan tingkat energi
Gula kelapa mengandung bahan baku yang akan membantu meningkatkan energi Anda.

Cara Menggunakan Gula Kelapa?
Gula kelapa dapat digunakan dengan cara yang sama seperti gula biasa. Namun, karena gula kelapa lebih manis, maka gunakan jumlah yang lebih sedikit.

Ini dapat digunakan dalam persiapan makanan penutup, atau smoothie. Anda juga bisa menambahkan gula kelapa ke teh atau kopi dan hidangan yang gurih.

Loading...
Loading...