Jumat, 29 November 2019 12:07 WITA

Begini Dampak Cek Ponsel Saat Bangun Tidur

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Dampak Cek Ponsel Saat Bangun Tidur

RAKYATKU.COM - Ponsel kini sulit dilepaskan dari tubuh kita. Bahkan, banyak orang yang terbiasa langsung mengecek HP saat bangun tidur. 

Kebiasaan langsung mengecek ponsel setelah bangun tidur ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh IDC, disebutkan bahwa 80 persen orang yang memakai ponsel di Amerika Serikat terbiasa langsung mengecek ponselnya saat bangun tidur. Meski terlihat sebagai hal yang wajar untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebut hal ini sebagai sesuatu yang kurang baik.

Dilansir Doktersehat, berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

1. Bisa Membuat Kita Mudah Terkena Stres

Memang, langsung membuka ponsel saat bangun tidur akan membuat kita bisa mengetahui pesan, email, hingga berbagai macam berita terkini. Masalahnya adalah terkadang isi dari berbagai hal tersebut negatif. 
Sebagai contoh, ada pesan yang isinya adalah berita buruk atau ada berita yang membuat kita tidak senang seperti kekalahan tim sepak bola yang kita dukung. Hal ini akan langsung membuat suasana hati kita memburuk dan akhirnya meningkatkan risiko terkena stres.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Gothenburg University, Swedia, menghasilkan fakta bahwa partisipan dengan usia 20 tahun yang selalu mengecek ponsel setelah bangun tidur di pagi hari dalam kurun waktu satu tahun cenderung mengalami peningkatan risiko depresi dengan signifikan.

Penelitian lain yang dilakukan di University of British Columbia juga menghasilkan fakta bahwa semakin jarang kita mengecek ponsel setelah bangun tidur, semakin menurun risiko terkena stres.

2. Membuat Kita Melakukan Keputusan dengan Buruk

Terkadang, kita langsung mengecek media sosial saat baru saja bangun tidur. Meskipun menyenangkan untuk dilakukan, kita bisa saja merasakan sensasi tidak nyaman saat melihat foto teman yang sedang berlibur atau sedang bersenang-senang dengan orang lain. Pakar kesehatan menyebut hal ini sebagai kondisi FOMO atau fear of missing out.

Kondisi ini akan membuat kita seperti merasa sedih, tertinggal, atau tidak mampu mendapatkan kesenangan sebagaimana yang dialami oleh orang lain. Hal ini bisa berimbas pada pengambilan keputusan yang tidak baik seperti memilih makanan tidak sehat atau membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan hanya demi menghilangkan perasaan tidak senang atau sedih.

Loading...

3. Sulit untuk Berkonsentrasi

Langsung memeriksa ponsel setelah bangun tidur akan membuat kita kesulitan untuk fokus atau berkonsentrasi. Hal ini disebabkan oleh informasi yang langsung menumpuk pada pikiran kita dala jumlah banyak. Hal ini justru akan membuat kita kesulitan untuk memprioritaskan apa yang harus kita selesaikan terlebih dahulu.

4. Membuang Waktu

Banyak orang yang mengeluhkan hilangnya banyak waktu hanya gara-gara mengecek ponsel saat bangun tidur. Awalnya, kita hanya ingin mengeceknya selama 5 atau 15 menit saja, namun karena keasyikan, kita mengeceknya hingga setengah atau satu jam. 

Hal ini bisa saja membuat kita kehilangan waktu untuk berolahraga, memasak, atau menyiapkan diri sebelum melakukan rutinitas sehari-hari.

5. Kehilangan Kemampuan Mendapatkan Ide-Ide Baru

Mengecek media sosial, pesan, atau bahkan email saat bangun tidur memang akan membuat kita mendapatkan banyak informasi baru, namun hal ini akan membuat otak menurunkan kemampuannya untuk menciptakan ide-ide yang segar. Hal ini disebabkan oleh otak yang kemudian disibukkan dengan berbagai informasi tersebut alih-alih fokus pada hal-hal yang baru.

Alih-alih mengecek ponsel, sebaiknya kita langsung bangun, meminum segelas air putih, mengobrol dengan anggota keluarga lainnya, atau melakukan olahraga di pagi hari agar lebih sehat.

 

Loading...
Loading...