Jumat, 29 November 2019 09:59 WITA

7 Cara Menurunkan Risiko Diabetes

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
7 Cara Menurunkan Risiko Diabetes

RAKYATKU.COM - Diabetes, merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan banyak gangguan pada tubuh hingga memicu kematian.

Penyakit ini dipicu oleh dua hal, pertama dipicu oleh gaya hidup yang sangat buruk. Selanjutnya, risiko diabetes juga bisa naik kalau ada faktor keturunan. Kalau orang tua mengalami diabetes, kemungkinan besar anaknya juga bisa terkena.

Kalau Anda sudah terkena diabetes, peluang untuk sembuh masih ada, tapi sangat kecil. Pasalnya kalau organ di tubuh sudah rusak, pola makan benar-benar harus dijaga agar gula darah di dalam tubuh tidak meningkat. Daripada seumur hidup harus menjaga pola makan dengan terlalu ekstrem, lebih baik mencegah diabetes muncul pada tubuh.

Pencegahan diabetes dilakukan dengan banyak hal. Salah satu yang penting adalah memiliki gaya hidup yang baik seperti mengonsumsi makanan dengan benar dan melakukan olahraga secara rutin.

Kondisi Diabetes di Dunia

Berdasarkan data dari organisasi kesehatan dunia atau WHO, jumlah penderita diabetes di seluruh dunia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Dibandingkan pada tahun 1980 yang ada 108 juta penderita, tahun 2014 saja bisa naik empat kali lipat menjadi 422 juta orang.

Kasus diabetes yang terjadi di seluruh dunia banyak terjadi di negeri-negara dengan pendapatan penduduk rendah ke sedang. Negara berkembang seperti Indonesia juga menyumbang cukup banyak kasus diabetes di dunia.

Data yang diambil pada tahun 2016 silam menunjukkan kalau ada 1,6 juta orang meninggal dunia akibat diabetes secara langsung. Selain itu sekitar 2,2 juta orang juga meninggal dunia akibat komplikasi akibat gula darah yang terus meningkat dan susah sekali dikendalikan.

Diabetes menjadi penyakit nomor tujuh penyebab kematian di seluruh dunia. Dengan jumlah ini, diabetes bisa kategorikan sebagai penyakit yang sangat berbahaya dan wajib diwaspadai. Apalagi separuh dari penderita diabetes yang meninggal dunia berusia di bawah 70 tahun.

Terakhir, sebenarnya diabetes bisa dicegah dan diatasi dengan hanya mengubah gaya hidup menjadi lebih baik menurut WHO. Kalau sudah melakukannya, obat-obatan mahal tidak diperlukan lagi dan badan juga bisa sehat seperti layaknya tubuh non diabetes.

Cara Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Anda mencegah penyakit gula darah ini muncul meski memiliki riwayat dari keluarga.

Dilansir Doktersehat, berikut beberapa cara yang bisa Andalkan untuk menangkis kondisi diabetes yang berbahaya.

1. Tekanan Darah Harus Stabil

Jaga tekanan darah agar tetap normal setiap hari agar risiko mengalami diabetes bisa menurun. Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi biasanya memiliki tubuh yang memiliki banyak lemak dan pola makannya cukup buruk. Akhirnya aliran darah terpacu untuk meningkat dan menyebabkan komplikasi lainnya.

Jaga tekanan darah setiap hari agar masalah yang lebih serius seperti gangguan jantung hingga ginjal tidak terjadi. Rutinlah untuk mengukur tekanan darah ke klinik atau Anda bisa membeli sendiri alat pengukur detak jantung digital yang saat ini sudah bisa ditemukan di pasaran.

Kalau Anda cenderung memiliki detak jantung tinggi, evaluasi pola makan dan periksakan kesehatan. Jangan meremehkan tekanan darah meski hanya meningkat 10-20 poin saja dari batas normal.

Loading...

2. Menekan Jumlah Kolesterol Jahat

Jaga kolesterol tubuh agar tidak terus naik setiap harinya. Naiknya level kolesterol pada tubuh bisa terjadi karena banyak hal. Yang paling sering adalah pola makan yang buruk. Terlalu banyak mengonsumsi santan, sesuatu yang berlemak, dan terlalu asin bisa menyebabkan seseorang mengalami kolesterol sekaligus diabetes.

Kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Endapan di dinding pembuluh darah yang tebal bisa menyebabkan penyumbatan. Dampaknya, seseorang bisa mengalami stroke.

3. Konsumsi Gula Harus Diturunkan

Salah satu pemicu utama dari kondisi diabetes yang dialami oleh banyak orang adalah tingginya gula darah. Kondisi ini bisa terjadi karena konsumsi gula di dalam tubuh terlalu besar. Oh ya, yang dimaksud gula tidak hanya gula meja atau apa saja yang terasa manis saja. Nasi putih pun juga masuk dalam kategori itu.

4. Rutin Melakukan Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Olahraga bisa dijalankan dalam bentuk jalan kaki atau jogging ringan. Kalau Anda bisa melakukan olahraga di gym akan lebih baik lagi. Olahraga akan melancarkan aliran darah dan menggunakan gula darah yang dihasilkan dengan maksimal.

5. Melakukan Diet yang Tepat

Pola makan harus dijaga dengan baik. Karena sumber utama kondisi diabetes adalah  gula darah, kita harus mengurangi asupan gula di dalam tubuh. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengurangi gula dan hanya mengonsumsi karbohidrat kompleks.

6. Berat Badan Harus Seimbang

Sebisa mungkin untuk mengatur berat badan yang dimiliki. Berat badan harus ideal atau paling tidak berada di luar zona obesitas. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan adalah menerapkan gaya hidup sehat dan rutin mengecek agar bisa menentukan pola diet dan olahraga yang tepat.

7. Jangan Merokok

Merokok menyebabkan banyak masalah pada tubuh baik pria atau wanita. Gangguan pernapasan akan terjadi kalau asap yang mengandung banyak racun masuk. Selanjutnya rokok juga bisa menyebabkan penurunan kualitas ereksi dari pria dan juga sperma yang dihasilkan. Kanker juga bisa muncul kalau konsumsi rokok tetap tinggi baik secara aktif atau pasif.

Merokok secara rutin juga menyebabkan seseorang jadi memiliki pola makan yang buruk. Beberapa makan apa saja tanpa mempertimbangkan kandungan gizinya. Kondisi ini bisa memicu kondisi diabetes muncul. Kurangi rokok kalau Anda belum bisa melakukannya secara langsung.

Dari ulasan yang tersaji di atas, terlihat dengan jelas kalau diabetes bisa terjadi pada siapa saja dan cukup berbahaya. Oleh karena itu, mari terapkan gaya hidup sehat agar kondisi diabetes tidak muncul dan menyebabkan masalah di kemudian hari.

 

Loading...
Loading...