Selasa, 26 November 2019 08:01 WITA

Hasil Penelitian: Penderita Jantung dan Hipertensi Bisa Sembuh dengan Kacang

Editor: Abu Asyraf
Hasil Penelitian: Penderita Jantung dan Hipertensi Bisa Sembuh dengan Kacang
Kacang polong

RAKYATKU.COM - Orang bilang kardiovaskuler dan jantung itu penyakit mahal. Hasil penelitian terbaru menunjukkan, obat paling efektif justru hanya kacang-kacangan.

Peneliti menemukan bahwa diet yang kaya kacang, lentil, kacang polong, dan polong-polongan lainnya mengurangi risiko kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan tekanan darah tinggi.

Diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition, peneliti dalam studi ini mengkaji studi kohort prospektif yang menilai konsumsi kacang-kacangan pada risiko penyakit kardiometabolik dan penanda terkait.

Mereka menemukan bahwa mereka yang paling banyak mengonsumsi kacang-kacangan mengurangi angka kejadian penyakit kardiovaskular. Termasuk penyakit jantung koroner, dan hipertensi. Lebih efektif 10 persen dibandingkan mereka yang asupannya lebih rendah.

loading...

"Penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian tertinggi dan termahal di dunia. Studi ini menunjukkan bahwa makanan pokok yang murah, mudah diakses, dan umum dapat membantu mengubah itu: kacang," kata Hana Kahleova, direktur penelitian klinis untuk Komite Dokter untuk Pengobatan Bertanggung Jawab.

Penulis penelitian mencatat bahwa kacang-kacangan dan kacang-kacangan lainnya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Mengandung serat tinggi, protein nabati, dan zat gizi mikro lainnya. Rendah lemak, bebas kolesterol, dan rendah pada indeks glikemik.

"Cukup menambahkan lebih banyak kacang ke piring kita bisa menjadi alat yang ampuh dalam memerangi penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah," tambah Dr Kahleova.

Loading...
Loading...