Kamis, 21 November 2019 09:04 WITA

Tidak Sarapan Sebelum ke Sekolah Bisa Membuat Anak Kurang Berprestasi

Editor: Suriawati
Tidak Sarapan Sebelum ke Sekolah Bisa Membuat Anak Kurang Berprestasi
INT

RAKYATKU.COM - Orangtua, catat! Jika Anda ingin anak-anak Anda mendapat nilai bagus di sekolah, pastikan mereka sarapan!

Penelitian baru dari University of Leeds menemukan bahwa siswa yang jarang sarapan, memperoleh nilai lebih rendah daripada mereka yang mengisi perut sebelum ke sekolah.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti mencari hubungan antara sarapan dan kinerja siswa sekolah menengah di Inggris.

Mereka mensurvei 294 siswa dari sekolah dan perguruan tinggi di Yorkshire Barat pada tahun 2011. Mereka menemukan bahwa 29 persen anak jarang atau tidak pernah makan sarapan di hari-hari sekolah, sementara 18 persen sarapan sesekali, dan 53 persen sering.

Nilai mereka kemudian dikonversi menjadi skor poin menggunakan sistem Department for Education 2012, di mana A+ 58, A 52, B 46, dan seterusnya.

loading...

Hasilnya, mereka yang jarang sarapan mendapat skor rata-rata 10,25 poin lebih rendah daripada mereka yang sering sarapan, setelah memperhitungkan faktor-faktor penting lainnya termasuk status sosial ekonomi, etnis, usia, jenis kelamin dan BMI.

"Studi kami menunjukkan bahwa siswa sekolah menengah berada pada posisi yang kurang menguntungkan jika mereka tidak mengisi bahan bakar otak mereka untuk awal hari sekolah," kata ketua peneliti studi, Katie Adolphus.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa gizi yang buruk dikaitkan dengan hasil yang lebih buruk di sekolah," kata Adolphus.

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Public Health

Tags
Loading...
Loading...