Sabtu, 16 November 2019 11:57 WITA

Begini Cara Alami Mengatasi Mulut Kering

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Cara Alami Mengatasi Mulut Kering

RAKYATKU.COM - Air liur ternyata punya peran yang penting bagi tubuh. Selain untuk menetralkan asam di mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri, air liur juga meningkatkan fungsi indra pengecap untuk mendeteksi rasa, mengunyah, dan menelan makanan. 

Saat pasokan air liur berkurang, mulut kering pun terjadi. Cara alami ini dapat dilakukan untuk mengatasi mulut kering.

Mulut kering atau dalam istilah medis disebut xerostomia, mengacu pada suatu kondisi saat kelenjar ludah di dalam mulut tidak menghasilkan cukup air liur untuk menjaga mulut Anda tetap basah. 

Mulut yang terasa kering dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Salah satu yang paling sering adalah akibat dehidrasi yang muncul akibat demam, keringat berlebih, muntah, diare, dan kehilangan darah. Selain itu, bernapas dengan mulut terbuka saat tidur juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering.

Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan tertentu, usia lanjut, atau sebagai efek terapi radiasi untuk kanker. Jarang sekali, mulut kering disebabkan oleh kondisi yang secara langsung memengaruhi kelenjar ludah.

Kondisi mulut kering kerap dianggap sepele dan tidak ditangani dengan serius. Padahal, minimnya air liur di rongga mulut dapat berdampak besar pada kesehatan gigi dan gusi Anda, serta selera dan kenikmatan makanan Anda.

Selain itu, seperti disampaikan drg. drg. Callista Argentina dari KlikDokter, mulut kering bisa menyebabkan bau mulut yang membuat Anda tidak percaya diri. 

"Saat mengalami ini, beberapa orang mungkin akan mengatasinya dengan cara lebih sering menyikat gigi. Padahal, hal itu sebenarnya tidak bisa memulihkan keadaan tersebut," ujarnya.

Cara alami mengatasi mulut kering

Anda memang disarankan untuk ke dokter gigi saat keluhan mulut kering sudah sangat mengganggu. Akan tetapi, sebelum berangkat ke dokter gigi, sebenarnya Anda dapat melakukan beberapa usaha alami yang dapat mengatasi dan mencegah timbulnya bau mulut.

Seperti dilansir Klikdokter, cara-cara tersebut adalah:

1. Berhenti merokok

Merokok memang tidak menyebabkan mulut kering, tetapi bisa memperburuk kondisi yang ada.

"Merokok pada umumnya akan mengurangi produksi air liur," kata dr. Matthew Messina, DDS, direktur Dental Oncology Clinic at The Ohio State University School of Dentistry sekaligus juru bicara American Dental Association (ADA).  

2. Konsumsi blackcurrant

Mengonsumsi blackcurrant ternyata juga dapat membantu kondisi mulut kering. Menurut studi yang diterbitkan pada 2015 di Journal of Medicinal Food, konsumsi blackcurrant meningkatkan aliran air liur. 

3. Kunyah permen karet

Untuk perawatan mulut yang sederhana dan enak, cobalah mengunyah permen karet, tapi usahakan yang bebas gula. Menurut Messina, permen karet dapat membantu merangsang aliran air liur, khususnya yang memiliki rasa jeruk, kayu manis, atau rasa mint. 

4. Hindari kafein

Minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda, dapat menyebabkan mulut Anda terasa kering. Alkohol juga bisa membuat Anda mengalami dehidrasi. Jadi, singkirkan itu semua untuk membantu gejala mulut kering. 

5. Jaga kelembapan rumah

Salah satu solusi yang lebih sederhana untuk mulut kering adalah dengan menjaga kelembapan di kamar Anda, terutama saat Anda tidur. Meningkatnya kelembapan di dalam ruangan dapat membantu Anda mengurangi gejala mulut kering. 

6. Minum yang cukup

"Saat mengalami mulut kering, Anda tidak menghasilkan air liur yang cukup. Minum air sepanjang hari dapat membantu menjaga kelembapan mulut Anda," ucap Messina.

Bawalah botol berisi air putih saat Anda bepergian. Anda dapat juga menaruh segelas air putih di dekat tempat tidur pada malam hari. 

Selain itu, minum air putih selama makan dapat sangat membantu. Tidak hanya membuat tetap terhidrasi, makan diselingi minum membuat Anda bisa mengunyah dan menelan lebih mudah.

7. Pakai obat kumur sebelum tidur

Jika Anda mencari cara untuk mencegah mulut kering saat tidur, gunakan obat kumur sebelum Anda tidur. Pastikan untuk mencari obat kumur yang dirancang khusus untuk mulut kering. Salah satunya yang mengandung xylitol.

8. Berkumur dengan air hangat

Berkumur campuran air hangat dan satu sendok teh garam dapat membantu memicu kelenjar air liur untuk mengeluarkan air liur. Produksi air liur yang bertambah tentu dapat membantu meringankan mulut kering.


 

Loading...
Loading...

Berita Terkait