Selasa, 12 November 2019 08:15 WITA

Bukan Kopi atau Teh, Ini Minuman Sehat saat Sarapan Pagi

Editor: Abu Asyraf
Bukan Kopi atau Teh, Ini Minuman Sehat saat Sarapan Pagi
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Kopi dan teh punya manfaat bagi tubuh. Namun, di sisi lain juga punya efek negatif. Bagaimana jika ada pengganti kopi dan teh yang tanpa efek samping?

Di sekitar kita ternyata banyak tumbuhan yang bisa digunakan sebagai pengganti kopi atau teh. Cukup diseduh secara sederhana, manfaatnya bisa kita rasakan.

Sebut saja jahe, kunyit, lengkuas, kayu manis, dan ada juga daun serai. Memulai pagi dengan secangkir teh serai panas yang mengepul sangat menyehatkan.

Serai memiliki rasa yang khas dan segar. Sering digunakan dalam masakan Indonesia dan Thailand hingga Asia. Di India, rebusan teh serai digunakan sebagai obat herbal Ayurvedic.

Cara membuatnya pun mudah. Hanya dengan memotong iris-iris serai, memasukkannya ke dalam air, biarkan mendidih, dan biarkan menyerap selama 10-15 menit. 

Bisa juga dengan mencelupkan kantong teh dengan serai kering agar lebih segar. Sebab teh serai herbal bebas dari kafein dan tanin.

Dilansir dari NDTV, ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr Anju Sood, berbagi manfaat minum teh serai secara teratur:

1. Baik untuk Pencernaan

Serai memiliki energi pendingin yang menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan tetap terkendali. Serai mengandung komponen yang disebut citral yang mencerna makanan. Teh serai juga digunakan sebagai obat kuno untuk semua masalah perut dalam pengobatan Cina seperti kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.

2. Mengandung Antioksidan

Teh serai adalah teh detoksifikasi. Teh ini menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan.

3. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Serai adalah formula alami untuk mengatur tekanan darah tinggi. Serai kaya kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh kita, yang pada gilirannya merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, juga membantu dalam memurnikan hati. Serai juga bisa meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Loading...

4. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Teh serai adalah pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan karena membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat. Serai membakar lebih banyak kalori. 

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami ini kaya kandungan kafein. Serai meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

5. Untuk Kulit dan Rambut

Serai adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang bagus yang merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut yang indah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai bisa membersihkan kulit, mengatasi tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati seperti jerawat dan eksim.

6. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu. Serai juga mengandung Vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh. Rebus beberapa serai segar bersama dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh. 

Ramuan sederhana ini efektif untuk memecah lendir dan pembentukan dahak yang disebabkan oleh hidung tersumbat. Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga juga merupakan obat rempah untuk flu.

7. Meredakan Nyeri Haid

Teh serai dianggap sangat baik untuk kesehatan wanita. Teh serai mengurangi nyeri haid karena efeknya yang menenangkan.

Teh serai dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Karena itu, penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter saat mengonsumsinya. Demikian pula, untuk wanita hamil atau menyusui disarankan untuk menghindari serai karena cara kerja senyawa kimia tertentu.

Loading...
Loading...