Minggu, 10 November 2019 13:05 WITA

Dokter Keluarkan 53 Batu dari Saluran Kelenjar Air Liur Pasien

Editor: Suriawati
Dokter Keluarkan 53 Batu dari Saluran Kelenjar Air Liur Pasien
INT

RAKYATKU.COM, DELHI - Dokter di rumah sakit Sri Ganga Ram di Delhi, India, mengeluarkan 53 batu dari saluran kelenjar air liur seorang pasien Irak berusia 66 tahun.

Batu-batu itu dikeluarkan dalam operasi selama dua jam pada minggu terakhir September.

Menurut rumah sakit, pasien itu telah menderita serangan nyeri berulang dan pembengkakan kelenjar parotis sisi kanan setiap setelah makan atau minum.

Setelah diperiksa, dokter menemukan bahwa dia memiliki beberapa batu di saluran kelenjar kelenjar parotis. Batu terbesar berukuran sekitar 8 mm.

"Namun di negaranya, dokter menyarankan dia menjalani prosedur radikal pengangkatan kelenjar parotis yang pasti akan meninggalkan bekas luka yang tak sedap dipandang di wajah, dan kemungkinan besar membuat wajahnya lumpuh," kata pernyataan rumah sakit Sri Ganga Ram.

Loading...

Pasien itu kemudian dirujuk ke rumah sakit di India untuk Sialendoscopy, yang merupakan prosedur invasif minimal untuk perawatan batu air liur.

"Operasi semacam ini menggunakan endoskopi yang sangat sempit untuk mendiagnosis dan mengobati banyak kondisi kelenjar ludah," kata seorang dokter di rumah sakit itu.

Menurut Varun Rai, Konsultan THT di Rumah Sakit Sir Ganga Ram, "Tantangan terbesar adalah menghilangkan semua batu tanpa menyebabkan cedera pada kelenjar atau saluran selebar 3 mm."

Setelah operasi, pasien dipulangkan dan dia kabarnya telah sembuh sepenuhnya.

Loading...
Loading...