Sabtu, 09 November 2019 08:59 WITA

Kasus Pertama di Dunia, Pria Spanyol Kena Demam Berdarah Melalui Hubungan Seks

Editor: Suriawati
Kasus Pertama di Dunia, Pria Spanyol Kena Demam Berdarah Melalui Hubungan Seks
INT

RAKYATKU.COM, MADRID - Seorang pria di Spanyol menderita demam berdarah, setelah ditularkan melalui hubungan seks. Kasus ini diyakini sebagai yang pertama di dunia.

Pihak berwenang Spanyol mengkonfirmasi kasus itu pada hari Jumat (08/11/2019) dan mengatakan bahwa penyakit itu ditularkan melalui air mani pasangannya.

Menurut pengumuman itu, pasangan gay pria itu telah mengalami demam berdarah selama perjalanan ke Kuba, dan telah menderita gejala yang sama 10 hari sebelumnya.

"Rekannya menunjukkan gejala yang sama dengan dia tetapi lebih ringan, sekitar sepuluh hari sebelumnya, dan dia sebelumnya telah mengunjungi Kuba dan Republik Dominika," kata pejabat kesehatan masyarakat Madrid, Susana Jimenez, dikutip Daily Mail.

"Analisis sperma mereka dilakukan dan itu mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya memiliki demam berdarah, tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba."

Berbicara kepada kantor berita AFP, Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Eropa (ECDC) mengkonfirmasi itu adalah penularan seksual pertama untuk Demam berdarah.

Loading...

"Sepengetahuan kami, ini adalah penularan seksual pertama virus demam berdarah di antara pria yang berhubungan seks dengan pria," kata mereka.

Sebelumnya, ada dugaan bahwa kasus penyakit ini menyebar dari seorang wanita ke seorang pria saat berhubungan seks di Korea Selatan, tetapi itu belum dikonfirmasi.

Demam berdarah adalah infeksi virus yang umumnya disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Ini menyebabkan gejala demam seperti suhu tinggi, sakit kepala dan sakit di belakang mata dan otot, serta muntah atau mual.

Gejala cenderung hilang sendiri dalam waktu seminggu atau lebih, tetapi bisa menjadi lebih serius bagi beberapa pasien.

Loading...
Loading...