Rabu, 06 November 2019 23:18 WITA

10 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Editor: Adil Patawai Anar
10 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan Tubuh

RAKYATKU.COM - Selama ini kita kerap mengonsumsi beras putih yang banyak dijual di luaran sana. Selain beras putih, ada juga beras merah yang sering digunakan sebagai salah satu makanan diet. Selain beras merah dan putih, beras hitam juga dikenal memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh secara menyeluruh.

Manfaat Beras Hitam untuk Tubuh
Beras hitam memang jarang diproduksi secara massal. Diproduksi pun hanya untuk keperluan diet dan makanan khusus. Beras yang masih kerabat dekat beras putih ini awalnya hanya dikonsumsi oleh keluarga kerajaan di masa lalu. Namun, seiring pembudidayaannya, beras bisa dikonsumsi secara massal. Berikut beberapa manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh.

Mengandung Antioksidan yang Besar
Dibandingkan dengan jenis beras lainnya, beras hitam ternyata mengandung cukup banyak antioksidan. Rutin mengonsumsi beras dengan warna bulir hitam ini akan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Dampaknya, Anda tidak akan mudah sekali sakit dan tubuh selalu terjaga kesehatannya.

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh beras hitam ini tidak hanya besar secara kapasitas saja. Fungsi dan aktivitasnya juga cukup tinggi. Kalau Anda sering mengalami sakit atau dalam masa penyembuhan, beras ini bisa jadi alternatif pengganti nasi.

Tinggi Komponen Anthocyanin
Salah satu komponen dari beras hitam atau ungu tua adalah komponen bernama anthocyanin. Komponen ini sebagai agen anti inflamasi, anti kanker, hingga antioksidan. Kalau tubuh mendapatkan suplai anthocyanin, kemungkinan besar penyakit kronis tidak akan terjadi.

Kemungkinan Menjaga Kesehatan Jantung
Mengonsumsi beras hitam secara rutin membuat jantung yang dimiliki seseorang jadi sehat. Hal ini bisa terjadi karena kandungan flavonoid beras hitam sangat besar. Flavonoid juga dikenal sebagai salah satu antioksidan yang cukup kuat dan menjaga tubuh dari infeksi dari luar.

Selain mencegah terjadinya sakit, mengonsumsi beras hitam juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Beras hitam aka mengatur level dari kolesterol jahat di tubuh dan juga trigliserida. Dampaknya, aliran darah di tubuh bisa berjalan dengan lancar.

Memiliki Komponen Anti Kanker
Komponen anti kanker dari beras hitam ternyata sangat besar. Bahkan dari penelitian yang dilakukan, mengonsumsi beras hitam mampu menurunkan risiko terjadinya kanker kolorektal. Kanker ini menyerang usus bagian bawah dan mengganggu sistem pembuangan.

Selain secara spesifik bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kolorektal, komponen anti kanker bisa mencegah pertumbuhan. Sel kanker yang ada di dalam tubuh bisa dicegah pertumbuhannya dan juga dicegah untuk menyebar ke sel lain yang masih sehat.

Mungkin Menjaga Kesehatan Mata
Beras hitam mengandung cukup banyak antioksidan. Salah satu antioksidan itu adalah lutein dan zeaxanthin. Dua antioksidan ini berhubungan dengan kesehatan mata seperti menjaga bagian retina dan juga mencegah terjadinya penuaan dini akibat usia.

Loading...

Manfaat dari beras hitam tentu tidak akan bekerja dengan maksimal kalau dikonsumsi sendirian saja. Sebagai tambahan Anda bisa menggunakan lauk atau sayuran seperti wortel yang kaya kandungan vitamin A. Selain itu selalu rutin bersihkan dan hindari paparan zat berbahaya ke mata.

Menurunkan Inflamasi di Tubuh
Dari studi yang dilakukan, mengonsumsi ekstrak beras hitam mampu mengatasi inflamasi khusus di kulit. Inflamasi di kulit bisa dicegah atau diatasi perlahan-lahan sehingga kerusakan yang berbahaya tidak akan terjadi.

Selain mengatasi masalah inflamasi di kulit, kandungan anti inflamasi juga mungkin mampu mengatasi masalah di organ lain sehingga tubuh jarang sekali mengalami sakit.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat yang tinggi pada beras hitam akan membuat Anda kenyang jauh lebih lama. Kondisi ini membuat tubuh jadi jarang lapar dan kemungkinan kemasukan kalori besar akan rendah. Kalau hal ini terus dilanjutkan, Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Membantu Detoksifikasi Hati
Penelitian pada mencit menunjukkan kalau ekstrak beras merah mampu mengatasi racun atau sisa pencernaan di hati. Dampaknya, organ yang sangat penting ini jadi lebih bersih dan jarang ada pengendapan kotoran.

Mencegah Terjadinya Diabetes
Kandungan serat yang tinggi dan lamanya penyerapan glukosa di dalam saluran cerna mencegah kenaikan gula darah. Kalau gula darah yang dimiliki seseorang bisa dicegah, kemungkinan besar mereka tidak akan mengalami diabetes atau ada pada fase pra diabetes.

Pada penderita diabetes, beras ini juga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif karbohidrat harian. Rasa kenyang yang lebih lama serta sulitnya penyerapan glukosa membuat gula darah di dalam tubuh lebih stabil.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan beras hitam yang sangat bergizi mampu menjaga kesehatan pencernaan. Rutin mengonsumsi beras hitam akan membuat pencernaan lancar dan tidak mengalami sembelit. Selain itu berbagai penyakit lain yang menyerang pencernaan juga bisa dicegah.

Anda bisa mengonsumsi beras hitam ini setiap hari atau dicampur dengan beras biasa kalau tidak memilikinya dalam jumlah banyak.

Loading...
Loading...