Kamis, 07 November 2019 03:00 WITA

10 Manfaat Seks Saat Hamil

Editor: Adil Patawai Anar
10 Manfaat Seks Saat Hamil

RAKYATKU.COM - Sebagian orang percaya bahwa berhubungan saat hamil dapat membahayakan janin, padahal hal itu tidaklah tepat. Berhubungan intim saat hamil adalah sesuatu yang aman kecuali dokter atau bidan melarang untuk melakukannya. Perlu dipahami, seks saat hamil tidak akan menganggu janin, karena penis tidak bisa menembus area di luar vagina. Berikut ini adalah beberapa manfaat seks saat hamil yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil
Di antara hormon Anda yang bergejolak, mual di pagi hari, dan lingkar pinggang yang terus melebar, seks mungkin menjadi hal terakhir dalam pikiran ketika hamil. Meskipun begitu, berhubungan saat hamil ternyata dapat memberikan keajaiban untuk kesehatan, kehamilan dan hubungan.

Berikut adalah beberapa manfaat seks saat hamil yang wajib Anda tahu, di antaranya:

1. Melatih Otot untuk Persalinan
Manfaat seks saat hamil yang pertama adalah melatih otot persalinan. Saat pasangan mendapatkan orgasme, hal itu akan meningkatkan kontraksi di dasar panggul dan memperkuat otot yang diperlukan untuk persalinan dan setelah melahirkan.

Orgasme memberi sinyal pelepasan oksitosin, hormon yang dapat meningkatkan toleransi Anda terhadap rasa sakit. Setelah berhubungan seks, Anda mungkin tidak akan terganggu dengan punggung yang pegal atau kram.

2. Tidur Lebih Nyenyak
Manfaat seks saat hamil berikutnya adalah membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak. Gerakan tubuh ketika berhubungan saat hamil dapat membuat janin tidur, sehingga akan lebih sedikit tendangan saat Anda mencoba untuk tidur.

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan dan Penyakit
Manfaat seks saat hamil yang satu ini banyak diinginkan oleh wanita. Hal itu dikarenakan berhubungan saat hamil bisa menghindari Anda dari kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan. Selain itu, berhubungan intim saat hamil juga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga dapat membantu melindungi dari efek pilek atau flu.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi adalah sesuatu yang penting selama kehamilan. Tekanan darah tinggi terkait dengan preeklampsia, suatu komplikasi yang bisa menyerang ibu hamil. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan manfaat seks saat hamil.

5. Mempercepat Pemulihan Pasca Persalinan
Mendapatkan orgasme ketika berhubungan saat hamil akan melatih otot-otot panggul jelang persalinan—yang pada gilirannya mempercepat pemulihan usai persalinan. Jika Anda kesulitan untuk melakukan latihan kegel, Anda bisa mendapatkan manfaat seks saat hamil.

Loading...

6. Menginduksi Persalinan
Berhubungan saat hamil membantu mengontraksikan otot-otot panggul dan membuka serviks. Manfaat seks saat hamil ini membantu dalam persalinan pervaginam karena proses persalinan menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan bantuan eksternal untuk mengeluarkan janin.

Beberapa dokter bahkan menyarankan berhubungan seks lebih dekat dengan tanggal jatuh tempo untuk menginduksi persalinan.

7. Mengurangi Stres
Meskipun kehamilan adalah sesuatu yang membahagiakan, biasanya Anda akan khawatir tentang hal-hal lain seperti pekerjaan, keuangan, dan bagaimana kehidupan akan berubah setelah bayi lahir. Oksitosin, hormon yang ada di sistem reproduksi wanita ini dilepaskan saat tubuh saat mengalami orgasme.

Hormon yang dikenal sebagai hormon cinta ini dapat membantu menghilangkan beberapa stres dan membuat tidur lebih nyenyak.

8. Meningkatkan Ikatan Batin
Sering berhubungan saat hamil akan membantu memperkuat hubungan intim dan ikatan yang Anda miliki dengan pasangan serta membentuk kebiasaan yang sehat di masa depan.

9. Persiapan untuk Persalinan
Jika hari perkiraan lahir melewati batas waktu, berhubungan saat hamil tidak akan membuat Anda melahirkan, akan tetapi hal itu justru dapat membantu tubuh mempersiapkan kelahiran karena air mani mengandung prostaglandin yang dapat membantu mematangkan serviks.

10. Meningkatkan Harga Diri
Manfaat seks saat hamil yang terakhir adalah kemampuannya untuk meningkatkan harga diri. Banyak perubahan fisik pada tubuh ibu membuatnya merasa memiliki tubuh yang kurang menarik.

Dorongan seks yang meningkat dapat memberi Anda rasa percaya diri dan membantu mengembangkan sikap positif terhadap diri sendiri. Manfaat seks saat hamil ini akan membuat perbedaan dalam cara melihat diri sendiri dan bagaimana orang lain melihat Anda.

Tags
Loading...
Loading...