Selasa, 05 November 2019 21:14 WITA

Cacing Pita Telah 'Memakan Otak' Pria ini Selama 15 Tahun

Editor: Suriawati
Cacing Pita Telah 'Memakan Otak' Pria ini Selama 15 Tahun
Cacing pita yang dikeluarkan dari kepala Wang

RAKYATKU.COM, GUANDONG - Seorang pria di China sakit parah karena cacing pita telah hidup di kepalanya dan 'memakan otaknya' selama sekitar 15 tahun. 

Dokter di Guangzhou, Provinsi Guangdong mengatakan bahwa pasien bernama Wang itu menderita infeksi parasit karena kecanduan makan siput.

Menurut laporan Radio Guandong, Wang mengatakan kepada petugas medis bahwa ia biasa mengkonsumsi siput goreng sebagai makan malam.

Dia mengaku mulai jatuh cinta pada siput goreng sejak tahun 2004, karena bosnya pada waktu itu adalah penggemar berat hidangan itu.

Satu tahun kemudian Wang mulai sering muntah. Dan pada 2007, ia mulai merasa mati rasa di lengan dan kaki kirinya, serta mengalami kelemahan pada otot-ototnya.

Kondisinya sangat serius sehingga dia harus berhenti dari pekerjaannya. Keluarganya kemudian membawanya untuk mencari pengobatan di seluruh negeri.

Dia awalnya didiagnosis dengan tumor ganas dan diberi perawatan yang sesuai. Namun, kesehatan Wang memburuk setelah itu dan ia mulai sering mengalami kejang. Dia juga jadi sering pingsan.

Tahun demi tahun, kesehatan Wang terus memburuk dan dia masih mengunjungi dokter di rumah sakit yang berbeda. Harapannya adalah dia bisa menemukan penyebab penyakitnya yang sesungguhnya.

Dan tahun lalu, seorang dokter menemukan bahwa ada cacing pita di otaknya. Tapi mereka menyarankan Wang untuk menjalani perawatan non-bedah karena khawatir operasi akan terlalu berisiko karena posisi parasit itu.

Tetapi pada bulan September, Wang mengalami kejang serius dan ia memutuskan untuk merawat kondisinya dengan baik.

Loading...

Pria berusia 36 tahun itu pun pergi ke rumah sakit spesialis di Guangzhou. Dokter kemudian menemukan bahwa cacing pita sepanjang 5 inci masih hidup di dalam otaknya, dan setuju untuk melakukan operasi.

Wang menjalani operasi bedah dua jam untuk mengeluarkan parasit itu.

Dokter mengatakan, parasit itu ternyata Sparganum mansoni, yang sering ditemukan di usus kucing dan anjing, tetapi jarang pada manusia.

"Karena cacing itu hidup sepanjang waktu, ia akan merangkak ke dalam otaknya dan memakan otaknya," kata Dr Gu Youming, yang merawat Wang.

"Ini bisa membuatnya lumpuh, atau bahkan membahayakan hidupnya."

"Kami juga harus memastikan bahwa kami mengeluarkan seluruh cacing pita. Jika ada bagiannya yang tersisa di otak, itu akan tumbuh kembali."

Petugas medis curiga bahwa Wang makan siput atau daging eksotis lainnya yang belum dimasak dengan benar.

Untungnya, dia diharapkan akan pulih sepenuhnya.

Loading...
Loading...