Senin, 04 November 2019 09:57 WITA

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Anda Makan Terlalu Banyak Daging

Editor: Suriawati
5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Anda Makan Terlalu Banyak Daging
INT

RAKYATKU.COM - Daging adalah sumber protein dan lemak sehat. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk berfungsinya tubuh, oleh karena itu kita harus mengonsumsi daging.

Namun, mengonsumsi daging dalam jumlah berlebihan juga dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh, yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Berikut beberapa hal yang mungkin akan Anda alami ketika mengonsumsi terlalu banyak daging:

1. Kembung
Setelah makan daging jika Anda merasa kembung, itu bisa menjadi tanda malabsorpsi dan indikasi bahwa makanan belum dicerna dengan benar.

2. Sembelit
Daging, terutama daging merah, mengandung lebih sedikit serat, yang berpotensi meningkatkan risiko sembelit. Selain itu, daging merah mengandung banyak lemak dan makanan berlemak tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sembelit.

Loading...

3. Bau mulut
Makan makanan berprotein tinggi seperti daging, dalam jumlah berlebihan, dapat menyebabkan bau mulut. Ini terjadi ketika tubuh Anda memasuki keadaan metabolisme yang disebut ketosis, yang melepaskan bahan kimia berbau tidak sedap.

4. Kelelahan
Makanan yang mengandung protein tinggi mengandung asam amino yang disebut triptofan, yang digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan serotonin. Zat ini dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk.

5. Mual
Menurut sebuah penelitian, pria yang makan banyak daging merah beisiko mengalami kondisi peradangan usus menyakitkan, yang disebut diverticulitis. Ini dapat menyebabkan sakit perut dan mual yang parah.

Loading...
Loading...