Kamis, 31 Oktober 2019 15:31 WITA

Rumah Sakit Siarkan Langsung Operasi Otak di Facebook

Editor: Suriawati
Rumah Sakit Siarkan Langsung Operasi Otak di Facebook
Jenna Schardt tetap sadar sementara ahli bedah saraf melakukan operasi otak (AFP)

RAKYATKU.COM - Ribuan pengguna Facebook telah menyaksikan siaran langsung operasi otak di Texas.

Dalam operasi itu, dokter berusaha mengambil satu massa dari otak pasien bernama Jenna Schardt, yang berusia 25 tahun. Siaran langsung ditayangkan selama video 40 menit pada Selasa pagi.

Dalam video tersebut, Jenna terlihat sadar. Dia bisa berbicara dengan dokter yang mengenakan masker bedah, yang sedang mengutak atik otaknya.

Kepala neurologi Methodist Dallas Medical Center, Nimesh Patel mengatakan kepada AFP bahwa Jenna mengalami stroke karena massa pembuluh darah di lobus temporal kirinya yang mempengaruhi kemampuannya untuk berbicara.

Dia tetap tersadar ketika tengkoraknya dibuka sehingga dokter bisa yakin mereka tidak merusak bagian otaknya yang mengontrol bicara. Dan, mereka memintanya untuk mengucapkan kata-kata seperti burung, anjing atau nomor untuk membuat "Peta" di otaknya.

Loading...

"Agar kita dapat mengidentifikasi cara mendekati dan menghilangkan massa, kita harus menentukan area yang aman," kata Patel.

Mereka bahkan bertanya kepada Jenna Schardt tentang anjingnya untuk menguji ingatannya, selama operasi yang berlangsung empat setengah jam.

Patel mengatakan bahwa bagian operasi itu disiarkan ke Facebook rumah sakit atas permintaan pasien. "Dia ingin menggunakan pengalaman itu untuk mendidik pemirsa melalui streaming langsung," kata Patel.

Loading...
Loading...