Rabu, 30 Oktober 2019 16:12 WITA

6 Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Tahu

Editor: Suriawati
6 Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Tahu
INT

RAKYATKU.COM - Lain kali jika Anda makan mangga, jangan langsung membuang bijinya! Mengapa? karena ini juga memiliki khasiat gizi.

Biji mangga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti protein, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, dan kalsium.

Ini juga memiliki sejumlah senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh dan antioksidan.

Biji mangga dapat dimakan tetapi hanya jika sudah matang, atau dalam bentuk bubuk, minyak atau mentega.

Manfaat kesehatan biji mangga:

1. Mengontrol diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji mangga menunjukkan sifat antidiabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes dan secara signifikan dapat mengurangi kadar gula darah.

Konsumsi ekstrak biji mangga bermanfaat bagi penderita diabetes dan bagi mereka yang berisiko terkena penyakit ini.

2. Baik untuk jantung
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan, biji mangga memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan menstabilkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Loading...

3. Mengurangi peradangan
Menurut International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, senyawa fenolik dalam biji mangga bertanggung jawab atas aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi.

Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan sistem pencernaan, dan penyakit kronis lainnya.

4. Menurunkan berat badan
Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak biji mangga dapat meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi obesitas.

Asupan ekstrak biji mangga dapat membantu orang yang kelebihan berat badan atau obesitas menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.

5. Mengurangi risiko diare
Dalam pengobatan tradisional India, biji mangga telah digunakan untuk mengobati diare. Dan, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa ekstrak biji mangga menunjukkan sifat anti-mikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aureus.

6. Meningkatkan kesehatan kulit
Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, biji mangga dikenal dapat meningkatkan kesehatan kulit, menunda penuaan, mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan dan kerutan, terutama bila digunakan dalam bentuk bubuk.

Loading...
Loading...