Senin, 28 Oktober 2019 09:17 WITA

5 Tips Aneh untuk Menikmati Kehidupan yang Lebih Sehat

Editor: Suriawati
5 Tips Aneh untuk Menikmati Kehidupan yang Lebih Sehat
INT

RAKYATKU.COM - Olahraga secara teratur, tidur cukup, dan minum lebih banyak air adalah beberapa tips kesehatan yang masuk akal.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada tips yang bertentangan dengan semua pemahaman tradisional atau intuitif, namun benar-benar berhasil!

Berikut lima di antaranya:

1. Minum minuman panas untuk mendinginkan tubuh
Banyak dari kita akan lebih memilih minum es di tengah cuaca panas. Idenya adalah, untuk mendinginkan tenggorokan dan tubuh.

Tapi itu bukan cara kerja tubuh manusia. Sebaliknya, minumlah minuman panas untuk memberi tahu tubuh Anda bahwa ia perlu berkeringat.

Itulah mekanisme pertahanan tubuh Anda yang sebenarnya terhadap panas berlebih, dan saat keringat menguap dari kulit Anda, Anda akan merasa lebih sejuk.

2. Tulisan tangan untuk mudah mengingat informasi
Saat ini, kita lebih cenderung mengetik daripada menulis. Tetapi para peneliti dari Universitas Indiana telah menemukan bahwa Anda lebih mungkin untuk memproses dan menyimpan informasi jika Anda menulisnya.

3. Berhenti gunakan sabun antibakteri
Tidak ada bukti bahwa menggunakan sabun antibakteri membuat kita lebih sehat. Bagaimanapun, beberapa jenis bakteri sangat diperlukan untuk kesehatan kita, dan sabun ini tidak dapat membedakan keduanya.

Loading...

 Penelitian juga mulai menunjukkan bahwa paparan triclosan kimia, bahan utama dalam sabun antibakteri, dapat menimbulkan risiko kesehatan termasuk, resistensi bakteri dan gangguan hormon.

4. Jangan menyikat gigi setelah makan agar gigi tetap kuat
Beberapa dari kita akan menyikat gigi setelah makan untuk menghilangkan partikel makanan yang tersisa. Tapi ternyata menyikat gigi justru membuat gigi jadi rapuh.

Ini karena makan, terutama makanan yang bersifat asam, seperti tomat, jeruk, kopi, teh, dan soda, akan melembutkan enamel gigi. Dan, menyikat gigi setelah makan akan mengikis lapisan dentin di bawah enamel, yang mengarah ke masalah seperti sensitivitas, perubahan warna, dan terkelupas atau berlubang.

Dokter gigi merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 30-60 menit setelah makan baru menyikat gigi.

5. Minum kopi sebelum tidur siang agar lebih nyenyak
Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 200 miligram kafein (1-2 cangkir kopi) sebelum tidur siang, akan membuat orang-orang terbangun jauh lebih segar.

Alasannya adalah karena tidur siang selama 20 menit berakhir tepat saat kafein mulai bekerja. Jadi itu akan membersihkan otak dari adenosin pemicu kelelahan.

Tidur siang itu sendiri juga mengurangi adenosin, tetapi kafein meningkatkan efeknya sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak energi dengan tidur siang yang lebih singkat. Tapi, jangan coba ini sebelum tidur malam ya!

Loading...
Loading...