Minggu, 27 Oktober 2019 09:58 WITA

Apakah Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Kurma, Atau Justru Bermanfaat?

Editor: Suriawati
Apakah Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Kurma, Atau Justru Bermanfaat?
INT

RAKYATKU.COM - Kurma dikenal sebagai buah yang sangat manis. Dan, ada mitos yang mengatakan bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsinya karena mengandung gula dan kalori yang tinggi. Jadi benarkah demikian?

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2002 menentukan indeks glikemik kurma. Hasilnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan ini terbukti bermanfaat dalam mengontrol glikemik dan lipid pada penderita diabetes.

Menurut studi lain yang diterbitkan tahun 2011 di Nutrition Journal, kurma menawarkan manfaat kesehatan yang kuat bagi pasien diabetes, ketika dimakan dalam jumlah sedang bersama dengan diet seimbang yang sehat.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ketika penderita diabetes makan kurma, kadar glukosa postprandial mereka tidak meningkat.

Loading...

Selanjutnya, menurut sebuah penelitian berbeda yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine, kurma dapat membantu mengatur gula darah karena mengandung antioksidan, dan rendah serat.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, menunjukkan efek positif kurma pada kadar glukosa darah.

Penelitian ini melibatkan 10 orang yang disuruh makan 100 g kurma per hari. Dan setelah 4 minggu, tidak ada gula darah atau trigliserida yang meningkat.

Loading...
Loading...