Kamis, 24 Oktober 2019 17:51 WITA

Alat Pemindai Panas di Museum Inggris Deteksi Kanker Payudara

Editor: Nur Hidayat Said
Alat Pemindai Panas di Museum Inggris Deteksi Kanker Payudara
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Alat pemindai panas yang seharusnya jadi atraksi bagi pengunjung di museum Inggris malah jadi penyelamat. Alat itu secara tidak sengaja berhasil mendeteksi kanker payudara seorang pengunjung.

Dikutip AFP, Kamis (24/10/2019), peristiwa ini menimpa Bal Gill (41) saat berkunjung ke museum Camera Obscura di Edinburgh pada Mei lalu. Di museum itu terdapat kamera-thermal untuk memindai panas tubuh pengunjung.

Saat Gill menggunakannya untuk bersenang-senang, dia melihat ada keanehan warna pada bagian dadanya. Dalam hasil pemindaian, bagian dada Gill berwarna kuning.

"Saya melihat ada tanda panas dari dada kiri saya. Kami merasa ini aneh dan pengunjung lain tidak mengalami hal yang sama," kata Gill.

Gill memotret hasil pemindaian itu. Dia langsung berkonsultasi ke dokter setelah pulang ke rumahnya di Slough, barat London. 

Sebelumnya, dia telah mencari tahu di Google mesin pemindai panas memang bisa mendeteksi kanker.

Loading...

"Ternyata saya punya kanker payudara, beruntung masih stadium awal. Saya harus menjalani dua operasi bedah, dan satu operasi lagi untuk mencegahnya menyebar."

Gill harus menjalani mastektomi atau pengangkatan payudara. Karena kankernya masih stadium awal, dia tidak perlu menjalani kemoterapi atau radioterapi.

Pihak museum Camera Obscura juga mengaku terkejut kamera mereka bisa mendeteksi kanker.

Loading...
Loading...